TEHERAN, limadetik.com – Pada hari Rabu (30/01) Republik Islam Iran meluncurkan dua rudal anti-tank buatan sendiri. Rudal bernama Toofan-3M dan Toofan-7 itu dipamerkan di sebuah pameran prestasi Angkatan Bersenjata Iran.

Kedua rudal itu adalah proyektil serangan yang menyerang kendaraan lapis baja dari atas. Mereka mendeteksi target dengan sensor elektromagnetik dan laser dari atas dan meledakkan hulu ledak mereka di bagian atas target.

Toofan-3M, adalah generasi baru dari rudal Toofan-3, sementara Toofan-7 dianggap sebagai rudal anti-armor buatan sendiri yang terbaru.

Rudal anti tank adalah rudal yang memberikan militer kemampuan untuk melumpuhkan tank lapis baja berat. Rudal anti tank dapat diluncurkan dari pesawat udara, kendaraan darat, kapal laut dan bahkan bisa diluncurkan hanya dengan dipanggul seorang personel (man portable).

Teknisi militer Iran dalam beberapa tahun terakhir membuat kemajuan besar dalam pembuatan berbagai peralatan militer, membuat militer negara itu semakin mandiri di bidang persenjataan.

Teheran selalu meyakinkan negara-negara lain bahwa militernya mungkin tidak menimbulkan ancaman bagi negara-negara kawasan, dengan mengatakan bahwa doktrin pertahanan Republik Islam sepenuhnya didasarkan pada pencegahan.


sumber: arn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here