ilustrasi foto jamaah haji

PAMEKASAN, Limadetik.com — Setelah satu bulan lebih melaksanakan ibadah haji di tanah suci Makkah, Jamaah haji asal Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur yang tergabung dalam kloter 12 dan 13 akan segera tiba ke bumi Gerbang Salam pada Jumat, (31/8/2018) besok.

“Kloter 12 dijadwalkan akan tiba di Pamekasan pada tanggal 31 Agustus sekitar jam 17.00 Wib, sedangkan kloter 13 sekitar jam 19.00 Wib,” terang Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan, Afandi saat dihubungi per telpon, Kamis (30/08/2018).

Total jemaah haji Pamekasan sebanyak 885 orang, yang terbagi dalam dua kloter, yakni masing-masing kloter 12 terdapat 442 orang jamaah, sementara kloter 13 sebanyak 439 jemaah sedangkan 4 orang jemaah susulan sebagai pengganti yang meninggal dunia dan cadangan, sehingga totalnya 885.

Mamun Affandi, dari jumlah tersebut, ada 2 Jamaah haji yang meninggal dunia di tanah suci Mekkah pada minggu lalu.

Ia mengatakan, seluruh jemaah haji Pamekasan dalam kondisi sehat dan bisa kembali ketanah air sesuai dengan jadwal meskipun berkurang 2 orang yang meninggal di Makkah.

“Semoga semua jemaah haji tidak mengalami gangguan kesehatan sehingga tidak mengakibatkan penundaan dan mendapat predikat haji mabrur, kembali dengan keluarga. Sementara bagi keluarga yang ingin menjemput ke Surabaya, ini hari terakhir pemberitahuannya ke kami,” ucap Affandi.

Sementara untuk 4 jemaah haji susulan sesuai jadwal tetap mengikuti kloter 83 yang diperkirakan akan tiba pada bulan September.

Afandi berharap agar penjemput jemaah haji untuk tidak melakukan konvoi yang nantinya dapat mengganggu pengguna jalan lainnya.

“Saya berharap kepada keluarga para jamaah nantinya agar tidak melakukan penjemputan dengan konvoi, karena hal itu akan mengganggu para pengguna jalan lainnya,” tandasnya. (arf/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here