https://limadetik.com/

Jelang Pilkada Sumenep 2020, Legislatif Larang Poktan Jadi Mobilisasi Massa

  • Bagikan
AddText 09 22 12.47.31
Foto: Juhari, Anggota DPRD Sumenep

SUMENEP, limadetik.com – Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Juhari mengingatkan agar Kelompok Tani (Poktan) netral pada Pilkada 2020. Pasalnya, banyaknya Poktan berpotensi dijadikan mobilisasi massa dengan iming-iming bantuan ketika calon tertentu terpilih.

“Semua poktan kami harap bisa netral. Jangan sampai Poktan menjadi mobilisasi massa calon tertentu” tegasnya, Rabu (23/9/2020).

https://limadetik.com/

Sebab, lanjut politisi PPP, apabila terjadi bisa mencederai proses demokrasi. Anggota yang tergabung akan terbelenggu dan tidak lagi bebas memilih pemimpin sesuai hati nurani masing-masing.

Selain itu juga berpotensi akan terjadi politik transaksional yang bisa mencederai proses demokrasi. Sesuai aturan, siapapun yang terlibat dalam politik uang bisa dikenakan sanksi pidana.

“Jika itu terjadi maka jelas nanti tidak bisa melahirkan pemimpin yang berkualitas. Karena mereka memilih bukan berdasarkan kapabilitas dan kredibilitas calon, melainkan karena ada unsur paksaan atau kerena sudah menerima sesuatu,” ujarnya.

Wakil rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) 5 menyadari saat ini belum ada aturan yang mengikat mengenai netralitas poktan seperti PNS atau pejabat negara. Namun untuk memastikan perhelatan pesta demokrasi lima tahunan berjalan sesuai asas pemilu (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia), maka netralitas poktan dinilai sangat penting.

Mengingat poktan merupakan salah satu perkumpulan masyarakat yang bisa saja dijadikan alat untuk kepentingan kelompok atau golongan tertentu.

Oleh sebab itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan. Jika ada indikasi ketidak netralan segera dikoordinasikan, mengingat saat ini sudah menghadapi masa kampanye.

Adapun jumlah poktan saat ini mencapai 4 ribu lebih yang tersebar di 27 kecamatan. “Silahkan laporkan pada kami, nanti bisa ditindaklanjuti sesuai dengan kewenangan yang kami miliki,” tukasnya. (hoki/yd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan