Jokowi Hadiri Simposium Internasional Asosiasi MK se-Asia di Solo

red: rudy

Presiden Jokowi didampingi Ketua MK Arief Hidayat (Foto: detik)

SOLO, Limadetik.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Simposium Internasional Asosiasi Mahkamah Konstitusi (MK) dan Institusi Sejenis se-Asia atau The Association of Asian Constitutional Court and Equivalent Institusions (AACC) di Solo. Jokowi datang didampingi oleh Ketua MK Arief Hidayat.

Pantauan wartawan sekitar pukul 09.20 WIB, di auditorium UNS, Jalan Ir Sutami, Solo, Rabu (9/8/2017), Jokowi tampak mengenakan jas berwarna hitam dengan dasi warna merah. Tampak pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendampingi Jokowi.

Saat tiba di lokasi, Jokowi sempat menyapa para undangan yang telah berdiri menyambutnya. Dia mengangkat tangan dan mengucapkan salam.

“Assalamualaikum,” ujar Jokowi lalu berjalan menuju tempat yang telah disediakan.

Dalam kegiatan ini, Jokowi akan membuka dan menyampaikan pidato di depan para delegasi MK se-Asia. Sejumlah penampilan kebudayaan juga turut dihadirkan dalam kegiatan ini.

Rencananya sehabis pembukaan Simposium Internasional MK se-Asia ini, para delegasi akan menyampaikan paparannya tentang isu demokrasi dalam masyarakat majemuk. Setiap negara akan menceritakan pengalamannya dalam menjalankan demokrasi dengan kondisi sosial-budayanya masing-masing.

Simposium Internasional ini merupakan rangkaian kegiatan dari pertemuan para Ketua MK se-Asia di Solo. Sebelumnya para pimpinan lembaga konstitusi dari berbagai negara itu telah bersidang untuk membahas sejumlah isu-isu strategis.

Dalam pertemuan tersebut, Malaysia terpilih sebagai Presiden MK se-Asia menggantikan Indonesia. Selain itu, Indonesia, Turki dan Korea terpilih menjadi sekretariat bersama MK se-Asia dengan peran dan fungsinya masing-masing. (*)

LEAVE A REPLY