https://limadetik.com/

Kabupaten Pamekasan – BPSDM Surabaya Kembali Laksanakan DEA Pengelolaan Keuangan Digital

Menurutnya, kegiatan DTS yang disiapkan oleh Kementerian Kominfo meliputi banyak bidang atau skema yang bisa diikuti oleh masyarakat umum maupun disabilitas.

Kabupaten Pamekasan - BPSDM Surabaya Kembali Laksanakan DEA Pengelolaan Keuangan Digital
FOTO: Imam Wahyudi, Pranata Humas Dinas Kominfo Kabupaten Pamekasan

PAMEKASAN, Limadetik.com – Kabupaten Pamekasan kembali dipercaya Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui BPSDM Surabaya untuk melaksanakan Digital Talent Scholarship dengan skema Digital Entrepreneurship Academy (DTS-DEA) lanjutkan dari tahun sebelumnya.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Arif Rahmansyah melalui Pranata Humas Dinas Kominfo Kabupaten Pamekasan, Imam Wahyudi mengatakan pelatihan kali ini adalah Pengelolaan Keuangan Digital yang diikuti ratusan pelaku UMKM dan diselenggarakan secara tatap muka selama dua hari, Selasa hingga Rabu (22-23/2/22).

limadetik branding

Yudis sapaan akrab Imam Wahyudi mengaku telah berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengampu Kabupaten Pamekasan, antara lain Dinas Koperasi UKM, Disperindag, DPMPTSP dan Naker, serta DP3AP2KB selaku Dinas yang membidangi beberapa usaha yang bersentuhan dengan masyarakat demi suksesnya pelaksanaan DEA.

Menurutnya, kegiatan DTS yang disiapkan oleh Kementerian Kominfo meliputi banyak bidang atau skema yang bisa diikuti oleh masyarakat umum maupun disabilitas.

Diantaranya Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Thematic Academy (TA), Professional Academy (FA), Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Talent Scouting Academy (TSA), Government Transformation Academy (GTA), Regional Development Academy (RDA) dan Digital Leadership Academy (DLA). Kegiatan pelatihan tersebut ada yang secara offline maupun online.

Baca Juga :  Perbup Pedoman Kegiatan di Tengah Pandemi Mulai Disosialisasikan. Bupati: Ini Bisa Menjadi Panduan Masyarakat Lakukan Kegiatan

Sementara, Yudis mengungkapkan pelaksanaan DTS – DEA di wilayah bumi Gerbang Salam, pihaknya sebelumnya telah memaparkan pola kegiatan tersebut dihadapan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Sekretaris Daerah Totok Hartono serta beberapa pimpinan OPD terkait.

Pihaknya menjelaskan, pelaksanaan pelatihan DEA secara offline akan dilaksanakan diruangan milik OPD terkait dengan jumlah peserta terbatas. Diantaranya, ruang Laboratorium BKPSDM Jl. Bonorogo, ruang Rato Ebhu (PKK) Jl. Pamong Praja 01, ruang Wahana Wicaksana Praja Jl. Kabupaten no. 07, ruang rapat Bappeda Jl. Jokotole.

Kemudian di ruang rapat Dinas Koperasi dan UKM Jl. Jokotole, Aula Disporapar Jl. Jokotole, ruang Aula Dinas Kominfo Jl. Jokotole, ruang rapat Dinas Perikanan Jl. Wahid Hasyim, ruang rapat Dinas DPRKP Jl. Jokotole, dan ruang rapat Disperindag Jl. Jokotole.

“Program Digital Talent Scholarship di desain untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran pentahelix yang meliputi aparat pemerintah, komunitas masyarakat, Institusi Pendidikan Tinggi, Dunia Usaha, dan Media untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital,” kata Yudis menjelaskan.

Baca Juga :  Kuliah Umum Bersama Gubernur Jatim, Bupati Pamekasan Dukung Penuh Peralihan IAIN Madura Menjadi UIN

Untuk mengikuti kegiatan pelatihan tersebut, peserta terlebih dahulu diwajibkan mendaftarkan diri melalui website digitalent.kominfo.go.id sesuai dengan kebutuhan pelatihan yang ingin diikuti dan tersedia.

Yudis meminta peserta yang telah mendaftar dan lulus administrasi agar ubisa hadir sesuai dengan ketentuan yang telah diedarkan melalui link pendaftaran.

“Yang paling penting peserta wajib patuhi protokol kesehatan sehingga bisa beraktifitas dengan aman dan tetap produktif sekalipun kegiatan digelar dimasa pandemi Covid 19,” katanya, mengingatkan.

Lebih lanjut mantan Host JTV Surabaya ini menjelaskan, DTS menurutnya adalah upaya Kementerian Kominfo RI mendukung pengembangan talenta digital Indonesia.

“Di Jawa Timur hanya ada dua kabupaten yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan yakni kabupaten Pamekasan dan Magetan. Dua kabupaten ini dipilih karena perkembangan SDM pengguna internet sangat pesat dan pengurusan perizinannnya sangat excellent,” tuturnya.

Baca Juga :  Ops Patuh Semeru 2018, Polres Pamekasan Akan Tindak Tegas Pelaku Pelanggaran

Sebelumnya Yudis menjelaskan, Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Surabaya bekerja sama dengan Pemkab Pamekasan sukses menyelenggarakan sejumlah kegiatan, diantaranya Pelatihan dan Sertifikasi Bidang TIK (2020), E-Commerce (2020), Design Grafis (2021) dan sukses melaksanakan pelatihan secara offline Digital Enterpreurship Academy yang digelar tanggal 20-22 September 2021 lalu.

“Berita gembiranya bahwa program DTS juga berupaya membuka peluang kerja bagi lulusannya melalui platform yang dinamakan SIMONAS,” jelasnya.

SIMONAS adalah platform yang dikembangkan untuk mempertemukan pencari kerja alumni DTS dengan perusahaan atau industri yang sedang membutuhkan pekerja.

Pencari kerja pada aplikasi SIMONAS adalah peserta yang telah mengikuti pelatihan Digital Talent Scholarship. Sedangkan perusahaan yang membuka lowongan di SIMONAS adalah perusahaan yang telah bermitra dan telah melalui tahapan review oleh Tim SIMONAS.

Diketahui, pada tahun sebelumnya, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pamekasan bersama Kemkominfo RI melalui BPSDM Kominfo Surabaya sukses menggelar Digital Talent Scholarship skema Thematic Academy (DTS-TA).

Tinggalkan Balasan