Kadisdik Sumenep: Lomba Berbasis Lokal Supaya Menambah Kecintaan Terhadap Budaya

SUMENEP, limadetik.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menggelar Lomba Berbasis Lokal 2018 sejak, Kamis (13/14/2018). Lomba tersebut digelar dengan tujuan menghidupkan budaya lokal Sumenep.

Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, A. Shadik mengatakan, dengan adanya inovasi pendidikan melalui budaya lokal itu, bisa menggugah semangat siswa dan guru untuk mencintai budayanya sendiri. Hal itu perlu digarakkan seiring kemajuan teknologi dan informasi saat ini.

“Daerah Sumenep ini memiliki banyak kebudayaan dan kesenian yang sudah mulai hilang akibat teknologi dan informasi yang menyebabkan anak-anak cenderung bermain game di telepon genggam maupun komputer,” kata Shadik.

Maka dari itu, dengan lomba berbasis lokal ini, ditargetkan mampu menanamkan kecintaan siswa terhadap budaya Sumenep yang saat ini mulai punah.

“Dalam permainan tersebut siswa dilatih kesabaran, kekompakan, ketelatenan dan sosial serta menjaga dan memelihara permainan lokal Sumenep,” tukasnya.

Diketahui, lomba berbasis lokal yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep adalah Lomba Pidato Bahasa Madura untuk guru SMP, Dongeng Bahasa Madura untuk siswa TK dan guru TK, Syair Bahasa Madura untuk guru SMP, Puisi Bahasa Madura untuk guru SD, Amaen Dheko untuk murid TK, Rab-Kerraban Sape untuk murid SD, Amaen Salodor untuk siswa SD, Amaen Leker untuk siswa SMP, Pal-Kapalan untuk siswa TK, Amaen Beklen untuk siswa SD dan Tenjak untuk siswa SMP. (hoki/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here