Kapal Bermuatan 717.400 Ton Kandas di Parairan Sumenp, Begini Nasip 11 ABK

SUMENEP, Limadetik.com – Kapal barang yang terdampar di Pulau Kalosot, Desa Brakas, Kecamatan Ra’as, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, senin pukul 06.00 Wib, (11/9/2017) sudah berhasil dikdentifikasi. (Baca: Diduga Bocor, Kapal Barang Terdampar di Kepulauan Sumenep)

Kapal tersebut barang tersebut bernama KM Kamaru. Kapal berangkat dari Pelabuhan Pomala Kolaka, Provinsi Kendari dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya bermuatan nekel sebanyak 717.400 ton.

“Menurut para ABK, kapal berangkat pada hari Kamis (7/9/2017) lalu dengan tujuan Tanjung Perak Surabaya,” kata Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Suwardi.

Kepolisian setempat cepat mendatangi lokasi kapal dan langsung melakukan identifikasi. Diketahui setelah kapal berukuran besar itu diketahui dinakodai  Yohanes CH Dhai dan diikuti 11 ABK lainnya, yaitu Ardiyono, La Nana, Zainal Arifin, Dwi Arifianto, Sabaini, Hamudin, Ramli, Jafar, Alfado Ghani, Novi Widodo dan Rusman.

“Hasil identifikasi, kapal tidak ada kerusakan dan semua awak selamat,” terangnya dengan nada senang, karena semua ABK selamat.

Hanya saja untuk penyebab kandasnya kapal itu, yang awalnya diduga mengalami bocor, ternyata bukan. Tetapi karena cuaca buruk, dan saat hendak menepi di perairan Kalosot, Des Brakas, KM Kamaru membentur karang.

“Ternyata penyebabnya bukan bocor, hanya kandas di atas karang. Apabila air laut sudah pasang, kapal akan melanjutkan perjalanannya nanti malam ke pelabuhan Tanjung Perak Surabaya,” tegasnya. (Hoki/Rud)

Leave a Reply