https://limadetik.com/
Tak Berkategori  

Kemenag Sumenep akan Menggelar Rukyatul Hilal di Pantai Tanaros Ambunten

Demikian Kepala Seksi pelaksana Zakat dan Wakaf Kemenag Sumenep, Moh. Mabrur menyampaikan terkait akan digelarnya rukyatul di Pantai Tanaros Kecamatan Ambunten.

Kemenag Sumenep akan Menggelar Rukyatul Hilal di Pantai Tanaros Ambunten
FOTO: Moh.Mabrur, Kasi Pelaksana Zakat dan Wakaf Kemenag Sumenep

SUMENEP, Limadetik.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur akan menggelar rukyatul hilal penetapan 1 Ramadhan 1443 H/2022 di Pantai Tanaros Kecamatan Ambunten.

Penetapan 1 Ramadhan 1443 H/2022 akan dipastikan setelah Pemerintah Indinesia melakukan rukyatul hilal pada hari Jumat 1 April 2022. Termasuk rukyatul hilal yang akan digelar Kemenag Sumenep.

limadetik branding

Demikian Kepala Seksi pelaksana Zakat dan Wakaf Kemenag Sumenep, Moh. Mabrur menyampaikan terkait akan digelarnya rukyatul di Pantai Tanaros Kecamatan Ambunten.

“Kita (Kemenag Sumenep) akan melakukan rukyatul hilal untuk penetapan 1 Ramadhan 1443 Hijiriyah tahun 2022. Titiknya sesuai yang sudah ditunjuk oleh Kamenag Pusat di Pantai Tanaros Ambunten” katanya, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga :  Wabup Sumenep Berharap Jurnalis Harus Profesional

Pelaksanaan rukyatul hilal nanti kata Gus Mabrur, akan melibatkan sejumlah pihak, baik pemerintah daerah maupun organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang ada di Kabupaten Sumenep.

“Semua element kita libatkan dalam pelaksanaan rukyatul hilal nanti, baik pemerintah daerah, Ormas NU, Muhammadiyah juga Persis. Kita akan bersama-sama” terangnya.

Kasi Zawa Kemang Sumenep itu juga menyampaikan terkait ditemukannya hilal atau tidak pada pelaksanaan rukyatul hilal nanti di Pantai Tanaros Kecamatan Ambunten.

“Kalau berdasarkan pendahulu kami di Kemenag Sumenep, sejauh ini belum pernah menemukan hilal pada titik dimana dilakukan rukyatul hilal penetapan 1 Ramadhan” ungkapnya.

Baca Juga :  Dua Kloter JCH di Sumenep Diberangkatkan Secara Bersamaan

Umtuk tempat atau titik pelaksanaan rukyatul hilal sendiri lanjut pria yang biasa disapa Gus Mabrur itu di Sumenep sendiri ada tiga titik, dua di daratan dan satu di Kepualaun.

“Berdasarkan penunjukan titik untuk rukyatul hilal di Sumenep ada tiga, satu di Kecamatan atau Kepulauan Kangean, satu di Kecamatan Batu Putuh dan satunya lagi Pantai Tanaros Ambunten. Karena yang di Batu Putih ini tempatnya sangat padat ditumbuhi ilalang, jadi kita memilih yang di Kecamatan Ambunten” paparnya.

Dia berharap kepada pemerintah agar ada penbahan alat teropong untuk rukyatul hilal di Sumenep, mengingat alat yang ada saat ini dirasa kurang memadai.

Baca Juga :  Dilaporkan Panitia Pilkades Karduluk, Ketua Umum KAMPPDK Terancam Pidana Maksimal 6 Tahun

“Harapannya sih ada penambahan teropong rukyatul hilal yang lebih modern. Sebab yang kami miliki saat ini masih barang lama atau kurang kompeten” ujarnya.

Terkait persiapan rukyatul hilal serta waktunya, Mabrur mengatakan, pihaknya bersama sama dengan perwakilan Pemerintah serta Ormas Islam sudah dipastikan semuanya siap.

“Kegiatan rukyatul hilal hanya membutuhkan waktu kurang lebih tujuh menit, hanya saja kita dipastikan berada di lokasi sebelumnya. Jadi setelah itu hasilnya akan kita sampaikan ke Pusat untuk sidang isbat” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan