BONDOWOSO, Limadetik.com — Untuk mengantisipasi Global Warming atau Pemanasan Global, Kodim 0822 Bondowoso bersama Pemerintah Kabupaten Bondowoso adakan kegiatan penghijauan kanan kiri ruas Jalan Nasional atau Jalan Provinsi di Desa Silolembu Kecamatan Curahdami Bondowoso, Jum’at (4/1/2018).

Program penghijauan tersebut dilaksanakan serentak di beberapa  Kodim sewilayah Kodam Brawijaya, dengan tujuan untuk menanggulangi terjadinya bencana tanah longsor dan banjir di Jawa Timur.

Ini dilakukan karena disepanjang kanan dan kiri ruas jalan tersebut banyak yang tidak ada tumbuhan penguat tanahnya, jadi bisa saja kalau hujan lebat tanahnya tergerus air.

Dandim 0822 Bondowoso Letkol Inf Tarmuji S.Ag, mengatakan bahwa penghijauan tersebut merupakan perintah dari Kodam V Brawijaya yang nantinya dikhususkan di tanam di beberpa pinggir jalan rawan longsor.

“Tahun ini Kodim 0822 Bondowoso kebagian 850 pohon Mahoni yang nantinya kita sebar dan kita tanam di beberapa tempat yang sering terjadi longsor, kita juga melibatkan teman-teman dari Polri, Koramil, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa dan peran serta masyarakat setempat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut” terang Dandim yang murah senyum ini dikantornya.

Tarmuji juga melanjutkan bahwa pihaknya akan selalu memantau secara rutin agar pertumbuhan tanaman pohon tersebut tidak sia-sia.dan saya berharap agar masyarakat setempat juga ikut mengawasi dan merawat pohon tersebut.

Kegiatan ini akan terus berkesinambungan dan tentunya dengan jenis pohon produktif seperti pohon yang berbuah.


(budhi/rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here