Kodim 0824 Jember Terima Kunjungan Pejabat Kementrian Pertanian Adakan Pengecekkan Pendampingan Program Ketahanan Pangan

JEMBER,Limadetik.com – Kodim 0824 Kabupaten Jember beserta jajaran nya menerima tamu dari pejabat kementerian pertanian,dalam kesempatan kali ini pejabat kementan sempat menyaksikan secara langsung cara pengendalian hama wereng oleh kelompok tani (Poktan) Ngudi Rejeki di Dusun Baedadung kulon Desa kaliwining kecamatan rambipuji jember Pada Minggu,(6/8/2017) pagi. 

Bersamaan dengan kegiatan tersebut juga menerima kunjungan kerja Direktorat Serealia M Nur, Kepala Balai Besar PPOPT Gun Gun Gunawan, Rahayu Nur Kartika Kepala Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura didampingi oleh Perwira Seksi Teritorial (Pasiter)  Kodim 0824 Kapten Chb Hadi Windoko.

Turut hadir Ka UPT Balung, Danramil 0824/13 Rambipuji Kapten Inf Harsono, Ka OPT Rambipuji,  PPL dan Babinsa Sertu Sujud yang turut memberikan pendampingan kepada Poktan Ngudi Rejeki dalam pengendalian hama wereng tersebut.

Pada Kesempatan tersebut Kepala Balai Besar PPOPT Gun Gun Gunawan memberikan pengarahan yang intinya  agar dalam pengendalian hama mempedomani petunjuk tehnis yang sudah ada dan menggunakan pestisida secara baik dan benar sehingga mempu memberantas secara tuntas, dalam mengantisipasi serangan organisme sangat disarankan sebelum menanam dikiri kanan lahan ditanami tanaman bunga matahari dan lain-lain yang efektif mencegah serangan organisme.

Usai berbincang-bincang dengan 40 anggota Pok Tani Ngudi Rejeki rombongan didampingi oleh Pasiter Kodim 0824 langsung menuju ke Dsn Pondok Waluh Ds Kencong Kec. Kencong dilahan Poktani Ngudi Makmur, kehadiran rombongan disambut oleh Danramil 0824/18 Kencong Kapten Kav Bambang Susiono bersama Ka UPT Pertanaman Pangan Wil VIII Sunarto.

Pada kunjungannya di Poktani Ngudi Makmur tersebut rombongan menyaksikan langsung pembukaan lahan pertanian sebagai upaya percepatan tanam dengan menggunakan alat mesin pertanian di lahan seluas 80 hentar.

Direktorat Serealia M Nur pada kesempatan tersebut juga memberikan arahan terkait percepatan tanam dan jangan sampai ada lahan yang fakum atau tidak tanam apalagi lahan tersebut lahan basah seperti ini, tolong petani juga harus mendukung upaya percepatan tanam ini agar lebih sejahtera dan mampu meningkatkan produksi pertanian.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto yang sedang mengikuti Lomba Menembak Piala Kasad di Jakarta dalam konfirmasinya via tilpon menyampaikan permohonan maaf karena dirinya tidak dapat mendapingi kunjungan kerja diwilayah Kodim 0824 Jember tersebut.

Letkol Inf Rudianto menyampaikan salam hormat dan terima kasih atas kunjungannya serta permohonan dukungan dan arahannya terhadap upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Jajarannya beserta instansi terkait dalam melaksanakan pendampingan Upsus Program Ketahanan Pangan.

Dukungan dan arahan tersebut tentunya akan menjadi motivasi kami untuk meningkatkan upaya-upaya dalam turut meningkatkan kesejahteraan petani serta produktifitas pertanian guna menunjang program ketahanan pangan nasional. (sis24/yd)

LEAVE A REPLY