Lepas 518 JCH, Ini Pesan Bupati Sumenep

CJH Sumenep 2017

SUMENEP, Limadetik.com – Bupati Sumenep, Jawa Timur, A. Busyro Karim melepas 518 Jamaah Calon Haji (JCH) 2017 di Gedung Korpri, Senin (14/8/2017). (Baca: 518 JCH Sumenep Siap di Berangkatkan)

Dalam pelepasan tersebut, A. Busyro Karim menyarankan agar para tamu Allah benar – benar melaksanakan rukun Islam yang ke lima dengan khusuk. Supaya menjadi haji mabrur.

“Para JCH maksimalkan melaksanakan ibadah haji. Jangan sampai selama perjalanan hingga di Arab Saudi melakukan hal – hal yang tidak benar,” sarannya.

JCH, sambung Bupati dua periode, jangan sampai bertengkar dengan siapa pun orangnya. Jangan sampai bikin onar yang itu bisa merusak nama baik Indonesia dan Sumenep khususnya.

“Apalagi sampai ada JCH yang mencuri. Hal itu jangan sampai terjadi. Agar tidak merepotkan pendamping haji, Kemenag dan Pemerintah,” tegasnya dalam sambutannya saat acara manasik akbar dan pelepasan haji.

Sebab, beberapa tahun lalu ada salah satu JCH asal Sumenep yang bermasalah karena diduga mengambil barang milik jamaah haji lainnya. Sehingga harus berurusan dengan pihak berwajib.

Sementara itu, Kasi Haji Kantor Kementerian Agama setempat, A. Rifa’i Hasyim menjelaakan, jumlah JCH bukan berdasarkan kouta per kabupaten atau kota.

“Tetapi berdasarkan masa waktu pendaftaran. Jadi kalau tahun ini Sumenep hanya 518 JCH, maka tahun 2019 bisa mencapai 1.000 lebih. Tergantung waktu pendaftarannya. Jadi sekali lagi bukan berdasarkan kuota daerah,” tegasnya.

Tahun ini, 518 JCH dibagi dua kloter, yakni 58 dan kloter 59. Mereka akan diberangkatkan dari Sumenep menuju Embarkasi Surabaya pada Rabu dini hari (16/8/2017).

Tepatnya akan diberangkatkan dari Stadion A. Yani Panglegur menuju depan Masjid Jami’ setempat. Kemudian mereka akan diberangkat ke Surabaya menggunakan Bus. (hoki/rud)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY