Lima Sekolah Penerbangan Manfaatkan Bandara Trunojoyo Sumenep

Bandara Trunojoyo Sumenep (foto: hoki limadetikcom)

SUMENEP, Limadetik.com – Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Jawa Timur, Wahyu Siswoyo menyatakan, sebanyak lima sekolah penerbang memanfaatkan bandara itu sebagai tempat latihan terbang.

“Lima sekolah penerbang, yakni Global Aviation School, Aviaterra Flying School, Merpati Pilot School, Nusa Flying Institute dan Balai Pendidikan Pelatihan Penerbangan (BP3) Banyuwangi,”kata Wahyu Siswoyo kepada limadetik.com saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (16/9/2017).

Baca juga: 

Menurutnya, sejak beberapa waktu lalu, ada 12 pesawat latih yang melakukan penerbangan latih mulai pagi hingga sore hari hari apabila kondisi mendukung untuk melakukan penerbangan.

Memang, dari pantauan media ini di lokasi, pasawat latih silih berganti melakukan penerbangan. Hingga, Bandara Trunojoyo tak ubahnya bandara besar, seperti Bandara Juanda Surabaya. Hanya saja, bedanya ukuran pesawat yang digunkana untuk latihan yang kecil

Karena dianggap cukup padat, sambung Wahyu, 2017 hanya dibatasi lima sekolah penerbangan saja yang boleh melakukan latih di bandara yang dipimpinnya.

“Sebab kapasitas landas pacu dan pelataran parkir pesawat di Bandara Trunojoyo perlu perluasan,”ucapnya.

Apalagi, disamping digunakan pesawat latih, Bandara Trunojoyo digunakan penerbangan pesawat perintis dan mulai besok, Minggu (17/9/2017) akan digunakan penerbangan pesawat komersial dengan kapasitas penumpang 72 orang. Pesawat yang akan digunakan adalah Wings Air dengan rute Sumenep – Surabaya dan sebaliknya.

“Pesawat komersil ini jadwalnya setiap hari, termasuk pada hari libur,”imbuhnya. (hoki/rud)

Leave a Reply