SUMENEP, Limadetik.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, meluncurkan program Kartu Cerdas (Smart Card) untuk siswa dan siswi tingkat SMP, Senin (2/12/2019).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumenep, Bambang Irianto, mengatakan, program ini merupakan hasil kerjasama antara Disdik dengan Bank Jatim Cabang Sumenep. Hanya saja untuk sementara waktu uji coba di tingkat SMP.

“Untuk tahun ini kami uji coba untuk SMPN 1 Sumenep. Pada tahun depan kami agendakan semua SMP di Sumenep menerapkan Smard Card,” katanya.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, Kartu Pintar sedikitnya memiliki dua fungsi, yakni sebagai absensi dan sebagai buku tabungan siswa. Sehingga para wali siswa bisa mengetahui apakah anaknya masuk sekolah atau bolos.

“Smard Card ini nanti akan terkoneksi dengan Hand Pone (HP) masing-masing wali siswa,” ujarnya.

Sementara untuk fungsi buku tabungan siswa, maka tabungan siswa akan lebih aman dibandingkan dengan cara konvensional.

“Tabungan siswa lebih aman. Diharapkan tidak ada lagi kasus tabungan siswa raib karena oknum guru yang tidak tanggung jawab,” tukasnya.

Pimpinan Bank Jatim Cabang Sumenep, Sigit Tri Atmoko, menegaskan untuk sementara tepat peluncuran perdana Kartu Cerdas itu pihaknya menyebutkan baru mencetak yang dibutuhkan saja.

“Untuk uji coba baru sebanyak 1500 kartu yang kami cetak dan sudah siap di uangkan,” ujarnya.(hoki/yt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here