SUMENEP, limadetik.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur melakukan pendataan dan pemberian dokumen kependudukan terhadap korban bencana alam.

Pasalnya, selama ini di Kabupaten paling timur Madura sering kali terjadi bencana alam. Salah satunya puting beliung di Desa Talang, Kecamatan Saronggi yang merusak sedikitnya 24 rumah.

“Kami selama ini melakukan pendataan dan pemberian dokumen kependudukan kepada korban bencana alam,” kata Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Dispendukcapil Sumenep, Wahasah, Kamis (13/2/2020).

Sebab, setelah terjadi bencana alam, banyak dokumen seperti E-KTP dan KK warga yang rusak atau hilang. Sehingga perlu penanganan langsung dari Dispendukcapil. Termasuk ada yang belum ngurus dokumen kependudukan sama sekali.

“Kami datang kepada korban, didata dan kami berikan dokumennya. Seperti beberapa waktu lalu, kami memberikan dokumen kepada Ibu Hindun di Desa Pajagalan (Kecamatan Kota Sumenep, Red),” terangnya.

Berdasarkan data Dispendukcapil, sejak musim hujan tahun ini ada beberapa daerah yang mengalami bencana alam dan telah dilakukan pemberian dokumen kependudukan. Di antaranya di Desa Parancak dan Desa Campaka, Kecamatan Pasongsongan.

“Termasuk pula korban bencana alam di kepulauan,” ujarnya.

Sedangkan untuk korban bencana alam di Desa Talang, saat ini masih dalam tahap pendataan. Di sana terdapat 24 rumah yang rusak akibat puting beliung yang merusak atap rumah warga.

“Berdasarkan laporan petugas register, di sana terdapat 40 KK yang dokumen kependudukannya rusak. Saat ini kami data dan nanti ketika selesai diurus, akan langsung diantarkan kepada korban,” tukasnya. (hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here