SUMENEP, limadetik.com – Pada akhir tahun 2019 ini menjadi momentum untuk merefleksi semua kegiatan pemerintahan sejak awal tahun guna meningkatkan pelayanan publik pada tahun 2020.

Ketua DPRD Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, KH Abd. Hamid Ali Munir menyampaikan, pada akhir tahun 2019 ini jadikan momen untuk mengevaluasi semua kinerja pemerintahan selama satu tahun terakhir ini. Banyak hal yang perlu ditingkatkan, salah satunya serapan anggaran yang sering menumpuk di akhir tahun.

“Ke depan, penyerapan anggaran tersebut harus dilakukan sejak awal tahun agar pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal,” kata Abd Hamid Ali Munir, Selasa (31/12/2019).

Menurut politisi PKB ini, selama beberapa tahun terakhir ini, serapan anggaran di Kota Keris ini tidak maksimal, bahkan hingga menjelang tutup anggaran banyak program yang belum terealisasi. Utamanya program yang nilainya miliaran rupiah seperti pembangunan dermaga dan gedung dewan.

“Kalau penyerapan anggaran dilaksanakan maksimal sejak awal tahun, pasti pelayanan bagi masyarakat akan maksimal juga. Kalau penyerapannya di akhir, ya tidak mungkin maksimal dalam melayani masyarakat,” ucapnya.

Ia berharap, realisasi APBD tahun 2020 nanti tidak hanya dilaksanakan sejak awal tahun, tapi juga harus tepat guna. Sebab, jika tepat waktu dan tepat guna, dipastikan akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat. (hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here