Sekda Bondowoso H.Syaifullah saat memberikan arahan di HPSN (foto: Budhi)

BONDOWOSO, Limadetik.com — Sejumlah komunitas bersama dengan TNI-Polri dan Pemerintah Daerah melakukan Baksos bersih-bersih Taman Stadion Magenda Bondowoso dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020, Jumat (21/2/2020).

Ratusan peserta aksi dari beberapa kalangan tersebut, saling bergotong-royong membersihkan taman yang ada di kota ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, dan juga upaya tindak lanjut penanggulangan sampah di Bondowoso.

Sekretaris Daerah Bondowoso, H. Syaifullah yang didampingi Dandim 0822 Letkol Inf Jadi, Wakapolres Kompol David, Camat Kota Abdurrahman mengaku sangat mengapresiasi bakti sosial tersebut.

“Membangun Bondowoso tidak harus Pemerintah. Tapi juga lembaga atau komunitas yang bergerak di lingkungan. Saya mendukung penuh pelaksanaan yang sangat positif ini” kata Sekda saat ditanya wartawan.

Dirinya juga menjelaskan, selain kegiatan bersih-bersih hari ini, terpenting ke depan merubah mindset warga Bondowoso, bahwa kebersihan dan hidup sehat adalah kebutuhan dan kewajiban.

“Ini sebuah gerakan yang bagus, saya coba nanti. Bagaimana ini berkelanjutan, menjadi icon Bondowoso bersih, soalnya sampah ini menjadi masalah besar. Sementara di Bondowoso sendiri ada Bank Sampah yang sudah berjalan, tapi kurang maksimal, dan kelemahan kita adalah tidak adanya inspirasi dalam diri, butuh pengalaman, perlu belajar ke orang lain. Maka perlu sentuhan semuanya” lanjutnya.

Tidak hanya itu lanjutnya, bahwa daerah harus punya tempat pembuangan akhir yang memadai. Tapi jangan langsung ditumpuk tapi harus diproses.

“Banyak yang kita bisa olah dari sampah, bisa jadi tas, hiasan, dan lainnya yang berguna lagi. Ini yang harus kita bangun, dan saya meminta masyarakat, agar membiasakan hidup bersih. Bersih adalah kewajiban dan kebutuhan kehidupan, mari membangun Bondowoso, kita mulai dari kita dulu” harapnya. (budhi/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here