SUMENEP, limadetik.com — Puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) Jawa Timur ke 55 untuk tahun 2019 ini memilih Kabupaten Sumenep sebagai tuan rumah, Kamis (28/11/2019).

Bukan tanpa alasan, Kabupaten Sumenep dipilih oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur sebagai tempat puncak acara HKN 2019. Itu dilakukan karena Dinkes Provinsi Jatim bertekad untuk menciptakan generasi sehat yang unggul melalui pengentasan sejumlah permasalahan kesehatan yang selama ini terjadi di Kabupaten paling timur di madura ini.

Kohar Hari Santoso Kepala Dinas Kesehatan Provonsi Jawa Timur menegaskan, bahwa pihaknya mempunyai banyak sasaran aspek kesehatan yang menjadi target, seperti masalah pemenuhan gizi, lingkungan, hingga pencegahan penyakit menular dan lain sebagainya.

“Sangat penting dilakukan penanganan masalah kesehatan dan harus diutamakan untuk menciptakan generasi sehat yang unggul,” jelasnya saat memberikan sambutan.

Disamping itu, Kadis Kesehatan Provinsi Jatim juga berharap, agar masyarakat bisa mendukung berbagai upaya akselerasi kesehatan yang dilakukan pemerintah, agar program itu berjalan maksimal dalam rangka meningkatkan pola hidup kesehatan dan tercapai masyatakat yang sehat.

“Upaya melakukan dan menggerakan kesehatan itu tidak cukup hanya pemerintah saja yang melakukannya, tapi perlu peran penting dan keterlibatan masyarakat secara langsung agar lebih maksimal kesadaran masyarakat dalam memahami pentingnya kesehatan” terang Kohar Hari Santoso.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengungkapkan, bahslwasanya penempatan puncak HKN tingkat Jawa Timur di Kabupaten Sumenep sebuah kebanggaan, karena kesempatan Sumenep sebagia tuan rumah mempromosikan objek wisata ada kepada para segenap pengunjung baik dari dalam mau luar kota yang datang.

“Ini kesempatan pada HKN ini pemerintah daerah menyajikan dan menyuguhkan keindahan objek wisata yang kita miliki, salah satunya pantai lombang yang sangat luar biasa. Tentunya pada puncak HKN kali ini kami ingin memberikan sesuatu yang berbeda yaitu dengan banyak penampilan serta event yang digelar, baik dari penampilan seni dan budaya sebagai identitas khas masyarakat” paparnya.

Suami Nurfitriana ini menegaskan, terimakasih kepada Pemprov Jatim yang telah milih Kabupaten Sumenep sebagai tuan rumah pada puncak HKN tahun ini yang telah banyak memberikan arti bagi warna pada kegiatannya.

“Dipilihnya Kabupaten Sumenep pada tahun 2019 ini sebagai tuan rumah sudah pasti memberikan dampak yang sangat baik bagi masyarakat kami sekaligus bisa mewarnai Sumenep sebagai daerah yang penuh dengan tempat wisata.  Dan kepada stakeholder kesehatan untuk lebih optimal dalam melayani masyarakat,” pungkas Bupati.

Untuk diketahui, pada puncak peringatan HKN tahun 2019 ini dipusatkan di Pantai Lombang dengan diwarnai serangkaian acara, seperti jalan sehat, parade egrang, gerakan bersih pantai, penampilan seni dan budaya semisal saronen dan tari tradisional. Selain itu dilakukan pula kampanye kesehatan, penandatanganan komitmen dan penyerahan 10 unit mobil ambulan dari Pempriv Jatim. (yd/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here