Jumat, 25 Oktober 2019.

Limadetik.com, Oleh : Moh. Rofiq Risandi.

ARTIKEL — Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam sebuah wadah yang digunakan untuk mewujudkan tujuan bersama. Dalam ilmu sosial organisasi dipelajari oleh seorang peneliti dari berbagai bidang ilmu, terutama ilmu sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi dan juga manajemen.

Organisasi pada dasarnya dibuat sebagai tempat ataupun wadah bagi orang orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis. Organisasi juga digunakan secara terencana, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya (money, material, machine, method, environment), sarana prasaran secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan bersama.

Dan organisasi Laskar Ramadhan adalah organisasi yang ada di pulau Saebus, Desa Saur Saebus, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Yang didirikan pada tahun 2007 oleh saudara Saiful Bahri.

Saiful Bahri adalah salah satu pendiri organisasi Laskar Ramadhan,dengan keinginan yang kuat dan tekat yang gigih untuk mempererat hubungan persudaraan dan menjalin hubungan silaturahmi satu sama lain, dan sampai sekarang ini organisasi Laskar Ramadan masih tenar dan harum namanya di kalangan masyarakat pulau Saebus.

Pada saat ini Laskar Ramadhan diketuai oleh saudara Andi Zawali. Dengan tujuan, organisasi adalah untuk merealisasikan keinginan atau harapan dan cita cita bersama para anggota organisasi atau kelompok. Contohnya adalah ada sebuah organisasi kesosialan yang dibentuk dengan tujuan supaya bisa menjalin silaturahim dan berbagi satu sama lain.

Setelah adanya tujuan organisasi akan memiliki fungsi yang sesuai dengan tujuan dan tidak keluar jalur dengan tujuan atau visi.

Fungsi pertama organisasi adalah memberikan arahan dan pemusatan kegiatan organisasi, mengenai apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh organisasi.

Fungsi kedua adalah meningkatkan kemampuan atau skill individu anggota organisasi dalam mendapat sumber daya dan dukungan dari lingkungan sekitar atau masyarakat.

Fungsi ketiga adalah memberikan pengetahuan dan pengalaman baru kepada anggotanya, supaya berwawasan supaya siap untuk terjun ke organisasi yang lebih besar.

Penulis Adalah Mahasiswa Unisma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here