SUMENEP, limadetik.comHingga saat ini masih banyak tembakau yang tidak terserap. Bahkan, di beberada daerah di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, ditemukan tembakau yang belum panen. Sementara gudang tembakau telah menyetor pembelian.

Menyikapi hal itu, Ketua sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Hamid Ali Munir menggelar sidak ke salah satu gudang tembakau di Kota Keris, PT Kahuripan Semesta, Kamis (19/9/2019).

Ternyata benar. PT Kahuripan Semesta yang merupakan perwakilan Gudang Garam sudah menyetop pembelian tembakau sejak Tanggal 4 September lalu. Sehingga, di gudang tersebut kini menumpuk ratusan ton tembakau milik tengkulak.

Dari yang kenyataan yang disaksikan sendiri itu, Hamid Ali Munir sebagai wakil rakyat mengaku akan segera mengambil langkah dengan berkirim surat ke pihak gudang yang biasa melakukan pembelian.

“Setelah beberapa kali kami menerima aduan dari masyarakat terkait tembakau ini, kami dalam waktu dekat akan berkirim surat ke pihak perusahaan tembakau,” ujarnya.

Politisi PKB ini melanjutkan, harga yang dipatok oleh perusahaan sudah bukan sewajarnya. Selain itu, perusahaan apabila sudah tak lagi ingin membeli tembakau pekebun, harusnya ada sosialisasi sebelumnya.

“Kalau perusahaan sudah tak lagi melakukan pembelian tembakau, ya ngomong dong. Sosialisasi. Jangan sampai pekebun menanam tapi tidak dibeli,” tutupnya. (hoki/yt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here