JAKARTA, limadetik.com — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta bersama Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) DKI Jakarta, dan Ekayana Peduli gelar Pelatihan Penanganan Bencana tingkat komunitas di Vhihara Ekayana Arama, Kebon Jeruk Jakarta Barat.

Pada kesempatan ini, kegiatan di buka oleh Embay Suhaemi Kasi Kesiapsiagaan BPBD DKI Jakarta. Dalam sambutannya Embay suhaemi menyampaikan urgensi penguatan kapasitas di komunitas terutama pada bencana gempa, kebakaran dan banjir.

“Pelatihan akan di titik beratkan pada hal tersebut, sudah disiapkan dari Ambulance Gawat Darurat (AGD) menyampaikan penyelamat saat keadaan darurat terkait penanganan korban/ penyitas, dan juga disampaikan materi tentang pemahaman bila terjadi gempa dan penanganan Kebakaran oleh Dinas Penyelamatan dan Kebakaran. Materi pelatihan meliputi paparan narasumber dan praktek” terang Emabay Suhaemi, Minggu (28/7/2019).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 100 lebih peserta yang terdiri dari warga di Vhihara dan sekitar nya, kegiatan berlangsung pada Sabtu 27 Juli 2019 kemarin dari pagi hingga sore hari.

Sekretaris LPBI NU DKI Ario Sanjaya mengharapkan kegiatan lintas agama yang sangat bermanfaat bagi masyarakat khusus nya terkait kebencanaan akan dapat terus di laksanakan untuk memperkuat pemahaman dan kemampuan masyarakat dalam upaya mengurangi risiko bencana.

Sementara itu, Husein, ketua Ekayana Peduli menyampaikan apresiasi kepada LPBI NU DKI Jakarta dan BPBD DKI Jakarta atas prakarsa melaksanakan kegiatan di tempat – tempat ibadah. Sebab selama ini pelatihan Penanganan Bencana belum pernah di laksanakan di lingkungan Vhihara dan sekitarnya.

“Harapan besar dari Ekayana Peduli setelah pelatihan ini akan ada beberapa peserta yang lebih serius untuk aktif terlibat sebagai relawan agar dapat membantu dan menularkan ilmu kebencanaan bagi warga yang lain, peserta sangat antusiasme dalam mengikuti pelatihan” tukas Husein.

Senada dengan Asep Sabar Utama, pelaksana pelatihan menambahkan bahwa penanggulangan bencana merupakan tugas kita bersama, sehingga sinergitas sebuah keharusan. “Pelatihan juga mendatangkan banyak manfaat, selain ilmu tentang kebencanaan juga memberikan nuansa kedamaian dalam mempererat hubungan antar umat beragama, untuk itu LPBI NU DKI Jakarta telah memprakasai penanggulangan bencana lintas iman” pungkasnya. (whb/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here