PAMEKASAN, Limadetik.com – Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam melepas secara simbolis 1017 Calon Jamaah Haji (CJH) 2019 asal bumi Gerbang Salam di Masjid Agung Asy-Syuhada, Selasa (2/7/2019).

Pelepasan tersebut ditandai dengan pemakaian baju seragam perwakilan CJH oleh Bupati Baddrut didampingi kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan.

“Suasana religius begitu menyentuh hati kita semua, apalagi waktu kepala Kemenag tadi bersama-sama mengajak kita semua mengucapkan Labbaikallaahumma Labbaik, Labbaikala Laa Syariikalakalabbaik, Innal Hamda Wabnni Mata Lakawalmulk Laa Syariikalakalabbaik,” ucap Bupati Baddrut saat memberi sambutan.

Rasanya, menurut Baddrut Tamam, dirinya bersama calon jamaah seakan sudah mendarat menuju Mekkah dan Madinah.

Dia mengatakan, sebagian besar cita-cita masyarakat Pamekasan adalah menunaikan ibadah haji.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Pamekasan tentu saya beserta seluruh jajaran mendoakan para ajunan, semoga diberikan keselamatan, kesehatan tidak ada gangguan apapun dalam perjalanannya. Mudah-mudahan ajunan betul-betul khusuk serta mendoakan kita semua,” kata orang nomor satu di Kabupaten Pamekasan.

Ia juga meminta para CJH agar mendoakan saudara-saudaranya yang ada di Kabupaten Pamekasan agar suatu saat diberikan kemampuan untuk melaksanakan ibadah haji.

Ia juga meminta doa agar ikhtiar menjadikan Pamekasan semakin baik, masyarakat makmur, semakin berkemajuan dan desa-desanya aman bisa tercapai.

Mantan anggota DPRD Provinsi Jawa Timur ini menyampaikan, para CJH yang berangkat haji tidak semata – mata karena kaya, namun karena panggilan haji. Sebab tidak semua bisa melaksanakan ibadah haji itu.

“Saya mengajak panjenengan sadhaja, jangan sia-siakan waktu saat menjalankan ibadah haji nanti, mantapkan hati kita semua untuk meningkatkan ibadah kepada Allah,” ungkapnya.

Beliau berpesan, agar para calon jamaah dapat menjaga nama baik Kabupaten Pamekasan.

“Semoga panjenengan semua diberikan keselamatan mulai dari berangkat hingga pulang kembali ke Pamekasan. Semoga mendapatkan predikat haji mabrur,” kata Bupati muda ini mendoakan.

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan, Afandi secara terpisah menuturkan, 1017 CJH itu terbagi menjadi 4 kelompok terbang (keloter), yakni 9,10,11 dan 85.

“Untuk pemberangkatan tanggal 8 Juli keloter 9 & 10, Insya Allah pukul 13.30 siang. Kemudian besoknya 9 Juli ba’da Subuh pemberangkatan keloter 10,” ungkapnya.

Sementara, keloter 85 menurut Afandi masih tanggal 5 Agustus mendatang.

“Yang keloter 85 ini memang permintaan kiai Mudassir mau ambil yang keloter terakhir, kita fasilitas, Alhamdulillah oleh kanwil Jawa Timur disetujui (dikabulkan),” katanya. (arif/dyt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here