Bupati Pamekasan Saat membacakan Teks Pancasila

PAMEKASAN, Limadetik.comBupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Badrut Tamam menilai Pancasila sebagai ideologi yang menyatukan bangsa Indonesia, sekaligus menjadi pondasi penggerak untuk pembangunan. Hal itu disampaikan saat ia menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, Sabtu (1/6/2019).

“Pancasila itu sebagai ideologi yang menyatukan Bangsa Indonesia, dan harus menjadi pondasi bagi kita semua dalam bergerak untuk membangun bangsa. Tidak terkecuali di Kabupaten Pamekasan,” kata Badrut Tamam.

Bupati muda ini menilai, konten 5 (lima) sila yang tertuang dalam Pancasila sebagai elemen penting persatuan dalam keberagaman Bangsa Indonesia. Khususnya pasca ‘berpancasila tanpa nama’ selama masa berabad-abad, Bhinnika Tunggal Ika.

“Karena bagaimanapun, Pancasila hadir karena perjuangan bersama dan akan kita jaga sampai kapanpun,” tegas Ra Baddrut sapaan akrab politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baddrut menilai lima sila dalam Pancasila juga tidak bertentangan dengan ajaran Islam.
“Dengan Pancasila, tidak kurang agamisnya dibanding Negera-negara yang menjadikan Islam sebagai dasar Negara. Seperti Saudi Arabia, Pakistan maupun Iran. Dari itu mari kita membumikan Pancasila, mengamalkan esensi nilai Pancasila untuk membangun bangsa. Saya Pancasila, saya Indonesia,” tandasnya. (Arf/yt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here