PAMEKASAN, Limadetik.com — Closing seremoni pekan ngaji 5 Ponpes Mambaul Ulum Bata-bata desa Panaan, Kecamatan Palengaan, dihadiri tokoh nasional. Mereka adalah Jenderal Purn. TNI Gatot Nurmantyo, Fahri Hamzah, Sandiaga Salahuddin Uno dan Dahnil Anzar Simanjuntak, Sabtu (18/1/2020) malam kemarin.

Kehadiran mereka disambut oleh kurang lebih 90 ribu orang, mulai dari alumni, santri hingga masyarakat umum dan para tamu undangan dari berbagai daerah.

Dalam sambutannya, Dewan A’wan Ponpes Mambaul Ulum Bata-bata, Raden KH. Tohir mengatakan, kedatangan mereka untuk memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh santri dan masyarakat yang hadir pada acara tersebut.

“Ini merupakan puncak dari 10 hari kita ngaji bareng. Ada 35 seminar yang di isi dari tamu luar negeri, termasuk dari India, Maroko, Brunai Darussalam itu semuanya free,” ungkapnya.

Di hadapan puluhan ribu santri dan masyarakat, Ra Tohir sapaan akrabnya mengatakan, bahwa kegiatan ini murni dibiayai dari sponsor dan pondok pesantren, sebab tak ada sumbangan dari wali santri, masyarakat umum maupun alumni.

Siapapun, selain santri, masyarakat awam juga boleh mengikuti pengajian ini, sebab semuanya gratis.

“Kami tak minta bayaran dari wali santri, alumni, dapat dari mana uangnya, Allah itu Maha kaya, kita yang Maha miskin,” katanya.

Dia sengaja menghadirkan sosok temennya, Sandiaga Salahuddin Uno serta tokoh mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo beserta mantan Wakil ketua DPR RI, Fahri Hamzah serta Dahnil Anzar Simanjuntak agar anak didiknya kelak bisa sukses seperti mereka. (arif/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here