BANGKALAN, limadetik.com —  Bupati Bangkalan, R. Abdul Latif Amin Imron bersama semua OPD dan Forkopimda melakukan bersih-bersih sampah di sungai Bancaran. Tidak hanya itu salah satu komunitas mancing yang tergabung dalam Bangkalan Angler Community (BAC) memilih juga terlibat aktif untuk membersihkan sampah plastik itu.

Ra Latif mengatakan sangat penting melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan. Politikus PPP menambahkan bagaimana kita harus hidup sehat kalau lingkungan kita tidak terjaga dengan baik.

“Ini akan berdampak buruk pada ekosistem yang ada, permasalahannya plastik itu sangat sulit untuk didaur ulang,” katanya, Minggu (1/12/19).

Fikar, Ketua BAC juga mendukung pernyataan bupati Bangkalan itu, sebab membersihkan sampah merupakan sebuah keharusan bagi orang yang beriman. Pria berbadan kekar itu menambahkan bahwa aktivitas seperti ini harus dilakukan setiap satu Minggu sekali. Sebab, menjaga lingkungan juga bagian menjaga diri dari berbagai macam penyakit.

“Harusnya ini dilakukan setiap akhir pekan, tidak hanya kebersihan tapi komunikasi antar individu semakin akrab,” ucapnya.

Fikar bersama anggotanya akan ikut membersihkan sungai Bancaran empat kali dalam waktu sebulan. “Kita rencananya 4 kali bersih-bersih dalam satu bulan ini,” jelasnya.

Sebab, kata Fikar sungai Bancaran kondisinya sangat kotor dan penuh sampah. “Kita tentunya mau sampah yang ada di segala penjuru Bangkalan dibuang ketempatnya, tentunya dengan segala bentuk kesadaran dari masing-masing pihak,” terangnya.

Sementara itu, darurat sampah sudah digalakkan oleh berbagai pihak, namun sikap dan perilaku kita masih kurang sadar akan ancaman sampah tersebut.

“Tentu dengan adanya kegiatan ini masyarakat sekitar bisa membuang sampah pada tempatnya,” tandasnya. (ron/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here