PAMEKASAN, limadetik.com — Lembaga Pendidikan Islam (LPI) ‘Mizabul Ulum’ Pancoran Timur, Kadur, Pamekasan menggelar wisuda al-Qur’an ke 13 tingkat dasar, Selasa (12/11/2019) malam.

Kegiatan dibuka langsung oleh K. Muhammad Rija’ selaku pengasuh Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Mizabul Ulum, yang diawali dengan pembacaan ummul Qur’an, dilanjutkan dengan peletusan balon dan pengguntingan pita.

Prosesi wisuda yang diikuti oleh semua murid yang telah lulus dalam belajar membaca al-Qur’an sekaligus dengan ilmu tajwidnya tersebut, diawali dengan demonstrasi membaca al-Qur’an di hadapan para wali murid dan pengunjung, sekaligus tanya jawab ilmu tajwid secara bergilir.

Sebagaimana telah jamak diketahui bahwa ilmu tajwid merupakan ilmu yang wajib diketahui dalam belajar membaca al-Qur’an agar dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan benar.

Kegiatan tersebut mendapatkan perhatian antusias dari para wali murid dan pengunjung umum, pasalnya peserta wisuda menuju panggung di iiringi dengan shalawat dan tabuhan rebana serta atraksi budaya daerah “can-macanan” (Madura).

Kabid. Pendidikan Lembaga Pendidikan Islam (LPI) ‘Mizabul Ulum’ Ust. Mahfud dalam sambutannya berharap agar kegiatan tersebut menjadi tambahan amunisi motivasi dalam belajar bagi para santri dan para walinya.

Ust. Mahfud juga berpesan kepada hadirin, khusunya kepada wali murid agar tidak menjadikan prosesi wisuda untuk ajang berbangga diri, karena belajar dan mempelajari al-Qur’an memang sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Namun hendaknya senantiasa bersyukur kepada Allah.

“Se wisuda tak parloh bangga, karanah wisuda bukan ajang kaanggui bangga-banggaan, tapeh sebagai bentuk syukur dek Allah ta’ala”, pesan Ust. Mahfud dengan menggunakan bahasa Madura.

Reporter : SY

Redaktur : Yd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here