PAMEKASAN, Limadetik.com — Berlangsungnya seminar yang mengangkat tema “Kita Sukses di Era Digital” di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Pamekasan itu dipadati oleh peserta, Senin (13/01/2020) malam.

Membludaknya Seminar Cyber tersebut disebabkan pada sore itu hanya ada satu Seminar. Hal itu terbukti, banyaknya santri yang tidak kebagian kursi duduk hingga mereka (peserta) ada yang berdiri di ruangan tersebut. Adapun peserta yang hadir adalah Santri Bata-Bata, Asatid, Alumni Bata-Bata, dan Partisipan.

Seminar berlangsung dengan lancar, hal itu juga seiring kondusifnya peserta dan Fokus untuk mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber.

Dalam seminar tersebut Ust. Khoirul Umam, S.Pd.I, selaku moderator membagi jalannya seminar menjadi dua term. “Term pertama penyampaian materi, term kedua diskusi bersama peserta seminar.” Tuturnya saat memperkenalkan pemateri di awal seminar dimulai.

Mengutip dari apa yang disampaikan oleh pemateri “Menyiapkan kemandirian, dan orang sukses itu pasti pro aktif.”, juga beliau menyampaikan langsung di tengah-tengah penyampaian materinya yakni; “Ekonomi digital sudah dikuasai oleh orang asing. Diantaranya, produk digita, belanja Online, dan Donasi.

Saat diskusi telah dibuka salah satu peserta partisipan Muhammad Ghufron menanyakan. “Apa kunci yang simple untuk tranformasi bisnis kita sukses?. Petanyaan tersebut dijawab “Salah satu kuncinya, harus memperbaanyak relasi.” Jawab pemateri dengan nada serius.

Harapan dari pembuat Aplikasi yang diberi nama Robot Biru itu, Semoga Santri Bata-Bata juga bisa terjun ke dunia IT sama seperti dirinya. “Semoga santri bisa membuat Aplikasi yang bermanfaat bagi orang lain dan tidak hanya kepada dirinya” Harapannya sebelum menutup penyampaian materinya. (Aruf/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here