Peluncuran Aplikasi Kartu Bank Sampah, Desa Gunung Eleh. (foto/Nur Kholis)

SAMPANG, limadetik.com — Salah satu inovasi pengelolaan sampah dilakukan Desa Gunung Eleh, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang. Terobosan baru pengelolaan sampah tersebut diluncurkan dengan aplikasi kartu barcode yang bisa ditukarkan langsung ke dua warung di Desa setempat.

Kepala Desa Gunung Eleh, Ahmad Mohtadin, peluncuran aplikasi bank sampah di Desa Gunung Eleh ini bisa dikatakan baru satu satunya di Kabupaten Sampang, hal ini muncul ide awal dari para pemuda yang ada di Desa kami, saya sebagai Kepala Desa sangat mendukung ide kreatif tersebut dengan intervensi kebijakan, Senin (2/12/2019).

“Penukaran sampah melalui aplikasi ini bisa langsung bekerjasama dengan warung badan usaha milik desa (BUMDES) yang bergerak di usaha foto copy, kemudian juga ada warung makan milik warga juga sudah bekerjasama dengan aplikasi bank sampah, jika ini terus produktif akan diikuti juga warung-warung yang lain di Desa Gunung Eleh” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Iqbal Fathoni salah satu pengerak pemuda Gunung Eleh, ide dasar pembuatan aplikasi kartu Bank sampah di Desa Gunung Eleh, ini belajar dari pengalaman awal ketika Bank sampah dibuat beberapa tahun lalu, namun tidak berjalan efektif, sehingga butuh terobosan untuk memancing kesadaran masyarakat agar sampah tersebut bisa ditukar melalui kartu aplikasi di dua warung di Desa Gunung Eleh.

“Pengumpulan Sampahnya kami sudah bekerjasama dengan warga Desa Gunung Eleh yang sudah berjalan sebagai pengepol sampah plastik, kami hanya menyiapkan aplikasi kartu penukaran yang ada barcode dengan tiga kartu warna merah, kuning dan hijau, dengan nilainya kartunya masing-masing mulai Rp.5000, Rp. 10.000, dan Rp. 15.000” jelasnya.

Lanjut Iqbal, Aplilasi ini akan terus dilakukan perbaikan secara aplikasi sambil terus menilai dan mengukur tingkat partisipasi kesadaran masyarakat Desa Gunung Eleh.

Sementara Moh Rusli, kasi pertaman, Dinas lingkungan hidup (DLH) Kabupaten Sampang, penanganan sampah di Desa Gunung Eleh ini, sudah satu kemajuan yang luar biasa dengan sistem barcod, dan sudah mengikuti era kekinian, dan ini harus terus dijaga dan terus dikembangkan, terlebih tahun 2019 ini Desa Gunung Eleh juga ikut Desa Bersih Lestari (Berseri) yang diikiti 8 Desa yang tersebar di Kecamatan Kedungdung, Robatal, karangpenang, Omben, Kabupaten Sampang. (NOR/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here