SUMENEP, limadetik.com – Kementerian Agama Sumenep, Jawa Timur membuka Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap kesatu sejak 19 Maret 2020. Hanya saja baru terdapat 178 Calon Jemaah Haji (CJH) yang melunasi pembiayaan haji reguler.

“Selama dua hari, yakni pada tanggal 19-20 Maret 2020 terdapat 178 dari 642 CJH yang telah melunasi BPIH. Pelunasan saat ini terus berjalan hingga 17 April 2020 mendatang,” kata Kasi Haji dan Umroh, Kemenag Sumenep, H. A. Rifa’i Hasyim, Senin (23/3/2020).

Tahun ini besaran BPIH untuk di Kabupaten Sumenep sebesar Rp37.577.602. Setiap CJH yang telah memiliki porsi haji tahun 2020 melakukan pembayar kepada pihak perbankan. Setelah itu berkas pelunasan  disetorkan kepada Kantor Kemenag Sumenep setiap jam kerja.

Rifa’i mengimbau semua CJH tidak terpengaruh pada isu yang belum jelas kebenarannya. Salah satunya soal penundaan pemberangkatan. Sebab, sampai saat ini belum asa keputusan dari Pemerintah.

“Kami anjurkan semua CJH untuk melunasi, dan tidak terpengaruh pada isu yang belum jelas kebenarnnya,” jelasnya.

Meski begitu, Hasyim menyadari saat ini adanya virus corona telah mewabah di Indonesia bahkan dunia. “Memang wabah virus corona ini sangat komplek dan mendunia. Tapi kami harap kita etap tenang,” sarannya. (hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here