Warga saat melewati bilik disinfektan di pintu masuk Pemkab Sumenep (Nikam Hokiyanto)

SUMENEP, limadetik.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur memasang bilik disinfektan. Bilik yang dibuat guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 dipasang di pintu masuk Kantor Pemkab setempat.

Dengan demikian, setiap orang yang hendak masuk ke dalam kantor pemerintahan otomatis disemprot dengan cairan disinfektan. Penyemprotan ini terdiri dari atas dan juga samping.

“Upaya kami dalam menangkal penyebaran Covid-19 di Pemkab dan beberapa tempat lainnya disiapkan bilik disinfektan. Termasuk juga tempat cuci tangan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Sumenep, Edy Rasyiadi, Kamis (26/3/2020).

Ke depan pihaknya berencana akan membuat bilik disinfektan dan tempat cuci tangan di sejumlah pelabuhan, baik di daratan maupun juga pelabuhan di kepulauan. Mengingat Sumenep terdiri dari 126 pulau.

“Ini sebagai filter. Jadi setiap orang yang masuk otomatis akan melewati bilik disinfektan,” terangnya.

Hanya saja, sampai saat ini bilik yang sudah ada baru satu, yaitu di Pemkab. Sementara di beberapa tempat seperti pelabuhan masih dalam proses.

“Kami siapkan 30 bilik. Bilik-bilik itu akan dipasang di setiap pelabuhan. Nantinya diharapkan warga yang akan masuk ke dalam kapal melewati bilik disinfektan,” tukasnya. (hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here