Ketua RT 01 RW 06 Pondok Indah Kolor Sumenep, H.Ibnu Hajar saat melakukan penyemprotan di rumah warganya

SUMENEP, Limadetik.com — Dalamrangka ikut serta mencegah penyebaran virus corona (covid-19) di wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, warga RT 01 RW 06 perumahan pondok indah kolor sumenep lakukan penyemprotan disinfektan rumah secara gotong royong.

Inisiatif ini pertama kali muncul dari ketua RT 01, H.Ibnu Hajar untuk melindungi 125 KK di wilayahnya dari virus corona ia sengaja mengumpulkan semua warga untuk membahas bagaimana melakukan giat pencegahan terhadap penyebaran virus corona yang kian hari meresahkan warga.

“Saya awalnya berfikir bagaiman jika setiap warga melakukan penyemprotan terhadap masing-masing rumah untuk mencegah penyebaran virus corona ini, khususnya di RT saya yakni RT 01 RW 06 yang jumlah nya ada sekitar 125 rumah” katanya, Kamis (26/3/2020).

Ibnu sapaan akrabnya menegaskan bahwa seluruh biaya atau anggaran penyemprotan diambilkan dari kas RT nya, sebab menurutnya dia tidak akan membebani warganya dalam situasi seperti sekarang ini.

“Tidak ada bantuan darimana pun juga, baik pemerintah, dinas kesehatan ataupun bantuan desa, semuanya murni uang warga setempat yang kita ambil dari kas RT, dan biaya yang dihabiskan pun hanya sekitar Rp.550.000 ribu” terangnya.

Namun kata Ibnu, pihaknya meminta kiranya pemerintah berkenan memberikan kewenangan agar ia selaku ketua RT bisa melakukan scanaring atau ceklist bagi setiap pendatang atau warga yang baru datang masuk ke wilayah RT nya untuk memantau apakah orang tersebut ODP, ODR atau PDP.

“Sekiranya kami diberikan kewenangan bisa melakukan pengecekan bagi siapa saja yang masuk ke wilayah RT/RW 01/06 agar kami bisa mengontrol apakah orang yang baru datang ini masuk hitungan ODR atau ODP dan bisa juga PDP. Tentunya semua itu dalamrangka membantu pemerintah mengantisipasi penyebaran virus corona tersebut” tukasnya.

Sebagaimana diketahui, warga RT 01 RW 06 kompak melakukan penyemprotan rumah masing masing secara bersamaan. Di samping itu ia juga berharap kiranya RT 01 bisa jadi percontohan dalam melakukan aksi penyemprotan untuk membantu pemerintah setempat menangani pencegahan penyebaran covid 19 ini. (yd/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here