SUMENEP, limadetik.com – Kinerja Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur patut diapresiasi. Pasalnya, salah satu objek wisata yang dikelolanya, yaitu Pulau Gili Labak keluar sebagai pemenang Anugerah Wisata Jawa Timur (AWI) 2019.

Acara tersebut digelar Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat. Ada beberapa kategori penilaian tempat wisata, seperti kategori daya tarik wisata alam, daya tarik wisata budaya dan kategori wisata buatan.

Dalam kesempatan tersebut, Pulau Gili Labak sebagai terbaik II kategori daya tarik wisata alam. Objek wisata yang berada di selatan Kecamatan Talango ini mampu mengalahkan objek wisata Bukit Sentono Gentong di Kabupaten Pacitan dengan posisi terbaik ketiga.

Gubernur Jawa Timur, Khafifah Indar Parawansah mengatakan dalam sambutannya, bahwa pihaknya berharap pemerintah dan para pelaku industri pariwisata memiliki komitmen dan tekad bersama dalam meningkatkan infrastruktur untuk meningkatkan pelayanan kepada para wisatawan.

“Meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi para wisatawan, lebih-lebih wisatawan luar negeri,” katanya.

Dia juga mengaku telah menyampaikan kepada Menteri Pariwisata terkait persoalan infrastruktur Gunung Bromo yang perlu diperbaiki. Karena wisatawan yang hendak ke puncak mengalami kesulitan.

“Kami harap ke depan kita meningkatkan sinergisitas para bupati atau wali kota untuk bersama-sama memajukan pariwisata yang ada di Jawa Timur,” tukasnya.

Kabupaten Sumenep sejak 4 tahun lalu getol membangun dan mempromosikan sejumlah objek wisata. Sebab, kabupaten yang terdiri dari wilayah daratan kepulauan memiliki banyak objek wisata yang bagus. Salah satunya adalah Pulau Gili Labak.

Pulau ini hanya dihuni puluhan warga. Pulaunya berukuran seperti lapangan sepak bola. Air lautnya jernih dan memiliki terumbu karang yang bagus.

Selain Gili Labak, ada juga witasa Gili Iyang, Pantai Sembilan, Pantai Lombang dan juga Keraton dan Masjid Jamik Sumenep yang tentu tidak kalah menariknya dibandingkan tempat wisata lainnya.(hoki/yt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here