SUMENEP, limadetik.com — Bangunan masjid yang ada di Desa Pasongsongan Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep ada 11 masjid. Diantara kesebelas masjid yang masih belum selesai adalah Masjid Al-Hikmah di Dusun Sempong Barat.

Masjid yang menurut masyarakat di situ adalah masjid tertua untuk wilayah Dusun Sempong Barat dan Sempong Timur.

Memang ada beberapa masjid yang mengalami renovasi, tapi masih tetap beratap.

Sedangkan Masjid Al-Hikmah sudah lebih 5 tahun tidak beratap. Kondisinya angat memprihatinkan. Bukan faktor sengaja dari pihak panitia pembangunan masjid, melainkan dananya sudah habis.

“Jadi kalau sudah musim hujan, kami pasang terpal,” ujar Ustadz Mohammad Nidi kepada limadetik.com di serambi masjid yang masih belum selesai itu. Jum’at (6/12/2019).

Menurut pria yang termasuk pengurus takmir masjid ini, mengakui kalau Masjid Al-Hikmah dilakukan pemugaran total. Atas kesepakatan dari pengurus takmir, pembangunan masjid pun dilakukan atas dana swadaya masyarakat sekitar. Setelah dana habis, pembangunan masjid pun dihentikan sampai sekarang.

Ketika ditanya, apakah tidak mengajukan proposal kepada para hartawan yang ada di Pasongsongan?.

“Sudah. Tapi tidak mencukupi. Bahkan ada usulan untuk menggalang dana di pinggir jalan raya, tapi siapa yang akan bertugas. Terus terang saja, masyarakat di dusun ini tergolong dalam kategori ekonomi lemah. Jadi mereka lebih banyak kerja menjadi tenaga kasar. Hasilnya hanya cukup untuk makan keluarganya saja,” terang Mohammad Nidi agak ada rasa sungkan dalam menggambarkan kondisi masyarakat yang sebenarnya.

Masjid Al-Hikmah berukuran 12×12 meter dan keliling sampingnya sudah beratap cor. Tinggal bagian tengahnya 6×6 meter tidak beratap. Rencananya pihak panitia pembangunan masjid akan melakukan pengecoran juga. Setelah itu akan dibelikan kubah masjid dari galvalum.

“Kami merasa tidak punya daya dan upaya lagi selain doa. Saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih kepada para pihak yang telah menyumbangkan dananya untuk kami. Saya tetap menanti uluran tangan kaum muslimin agar kami bisa menyelesaikan pembangunan Masjid Al-Hikmah,” pintas pria berpenampilan sederhana, mengakhiri pertemuan kami. (Yant Kaiy/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here