Rafiqi Tanziel, Komisioner KPU Sumenep

SUMENEP, Limadetik.com — Rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 mulai dibuka Komisi Umum (KPU) Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Hal itu dikatakan Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanziel bahwa pengumuman pendaftaran PPK ini sudah dibuka sejeak kemarin Rabu (15/1/2020). Dimana nantinya akan dilanjutkan dengan penyerahan berkas.

“Untuk penerimaan berkas PPK itu sendiri kita akan mulai besok tanggal 18 hingga 24 Januari 2820,” kata Rafiqi, Kamis (16/1/2020).

Menurut Rafiqi, jika persyaratan pendaftaran PPK itu sendiri tidak ada perubahan tetap sama dengan pemilihan sebelumnya. Hanya saja ada tambahan penyertaan surat keterangan sehat jasmani dari masing-masing Puskesmas.

“Terkait persyaratan tetap hanya tambahan surat keterangan sehat jasmani saja. Dan itu bisa diurus di puskesmas masing masing. Karena ini sifatnya wajib untuk dilampirkan,” tuturnya

Mantan penyiar dan wartawan Radio Karimata FM ini juga menyampaikan, pendaftaran PPK tersebut harus terisi 10 orang di tiap-tiap kecamatan. Dengan artian jika nantinya hingga batas terakhir tidak memenuhi syarat minimal, dipastikan akan dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran.

“Kalau sesuai ketentuan pendaftar PPK di masing-masing kecamatan minimal 10 orang. Namin jika kurang dari 10 pendaftar, ya akan kita perpanjang masa pendaftarannya lagi,” paparnya.

Kalau nantinya tambah mantan aktivis HMI ini jika ada kecamatan yang pendaftar PPK kurang dari 10, maka KPU akan melakukan perpanjangan waktu pendaftaran selama tiga hari kedepan.

“Untuk perpanjangan waktu itu tiga hari setelah penutupan yakni dari tanggal 25 sampai 27 Januari 2020,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, jumlah PPK yang akan di rekrut oleh KPU Sumenep untuk Pilkada serentak 2020 sebanyak 135 orang. Tiap kecamatan akan diisi 5 orang anggota termasuk ketua PPK. (yd/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here