SUMENEP, limadetik.com – Kepala Badan Meteorogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, Sumenep, Jawa Timur, Usman Holid mengingatkan agar masyarakat berhati-hati terjadap Awan cumolonimbus yang biasa menimbulkan petir saat ini sedang banyak bermunculan di langit wilayah perairan Pulau Madura.

“Hasil pantauan BMKG terdeteksi adanya awan Cumolonimbus di perairan utara Madura,” katanya, Selasa (10/12/2019).

Awan cumolonimbus merupakan awan vertikal menjulang yang sangat tinggi, padat, dan terlibat dalam badai petir dan cuaca dingin lainnya. Awan ini terbentuk sebagai hasil dari ketidakstabilan atmosfer. Awan-awan ini dapat terbentuk sendiri, secara berkelompok, atau di sepanjang front dingin di garis squall. Awan ini menciptakan petir melalui jantung awan.

Priayang karib disapa Usman mengimbau masyarakat terus waspada guna menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Kami mohon agar masyarakat berhati-hati, karena keberadaannya awan tersebut dapat meningkatkan kecepatan angin dan ketinggian gelombang. Warga yang berakrifitas di lautan, sebaiknya meningkatkan kewaspadaan,” sarannya.(hoki/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here