SUMENEP, limadetik.com – Dosen dan mahasiswa Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, Jawa Timur menggelar pelatihan tentang pemanfaatan limbah plastik sebagai bahan campuran paving blok yang ramah lingkungan pada (28/7/2019) lalu.

Kegiatan berupa pelatihan dan sosialisasi ini digelar di Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Sumenep. Terdapat sejumlah masyarakat setempat yang terlibat langsung dalam kegiatan yang bertujuan sebagai bentuk pengabdian masyarakat sebagai wujud dari pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Tujuannya untuk mengabdi kepada masyarakat, khususnya yang ada di Desa Karduluk ini,” kata Anita Intan Nura Diana, Dosen Fakultas Teknik Universitas Wiraraja.

Perempuan yang juga sebagai ketua kegiatan pengabdian itu melanjutkan, bahwa kegiatan tersebut tidak hanya melibatkan masyarakat. Tetapi terdapat pula sebagian mahasiswa Fakultas Teknik yang terlibat, seperti Nur Kholis dan Rully Safri.

“Termasuk pula dosen. Selain kami juga ada bapak Subaidillah Fansuri,” ucapnya.

Dia menegaskan, kegiatan yang diawali dengan sosialisasi cara memanfaatkan limbah plastik menjadi paving blok yang ramah lingkungan berjalan dengan lancar. Dan mendapat apresiasi masyarakat yang ikut dalam kegiatan yang digelarnya

Meskipun diakuinya, terdapat pula kendala yang dihadapi oleh masyarakat, yakni kesulitan untuk melanjutkan kegiatan ini menjadi kegiatan sehari-hari. “Masyarakat merasa kesulitan, misalnya kendala biaya dan peralatan,” imbuhnya sambil tersenyum. (hoki/yt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here