Penulis bersama Ceng Rasidi

Sumenep, 5 September 2109

SUMENEP, limadetik.com — Gua Soekarno yang terletak di Desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan, Sumenep, Jawa timur menyimpan banyak cerita masa lalu yang bersejarah. Destinasi wisata yang eksotik ini dulunya ditempati sepasang suami-istri dan anaknya.

Dialah Sukardi dan istrinya bernama Puhana sampai memiliki anak bernama Satrio Joko Nurcahyo. Sukardi yang asli Jember menempati Gua Soekarno dalamrangka menjalani riyadah (laku batin).

Dalam hasil riyadah itu, Sukardi menyatakan kalau Gua
Soekarno adalah tempat riyadah Syekh Ali Akbar. Pernyataan itu disampaikan kepada Ceng Rasidi yang tak lain adalah mertuanya.

“Syekh Ali Akbar datang secara gaib kepada Sukardi dan sempat berdialog,” terang Ceng Rasidi ketika limadetik.com menyambangi di kediamannya di Desa Panaongan beberapa hari yang lalu.

Ceng Rasidi yang pemilik lahan Gua Soekarno ini juga menjelaskan, kalau kakeknya juga pernah mengatakan bahwa Gua Soekarno merupakan tempat riyadah Syekh
Ali Akbar.

“Saya sekarang tambah yakin, kalau Gua Soekarno adalah
tempat riyadah orang-orang masyhur, semisal Syekh Ali Akbar yang tak lain adalah paman dari Raja Bindara Saod,” tegas Ceng Rasidi.

Syekh Ali Akbar tokoh ulama besar berpengaruh di Pasongsongan. Beliau hidup di era pemerintahan Raja Bindara Saod, Raja Sumenep yang ke-29. Ia wafat pada tanggal 14 Jumadil Akhir 1000 H atau bertepatan dengan Sabtu, 28 Maret 1592 M.

Menurut cerita Ceng Rasidi, jasa-jasa Syekh Ali Akbar terhadap Kerajaan Sumenep, diantaranya ketika ia ditugaskan ke Aceh menumpas penjajah Belanda. Pasukan Kerajaan Sumenep pulang membawa kemenangan dari Aceh. Syekh Ali Akbar kala itu sebagai panglima perang, beliau dianugerahi tanah luas yang sekarang bernama Dusun Pakotan, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Gua Soekarno adalah gua alami. Ini terbukti dengan adanya stalaktit dan stalagmit di dalam gua. “Gua Soekarno diperkirakan sudah ada lebih dari 1.700 tahun
yang lalu,” terang Ceng Rasidi yang sudah berusia 70
tahun.

Sebagaiman diketahui,saat ini Gua Soekarno menjadi tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi orang, tidak hanya wisatawan lokal tapi juga mancanegara.

Penulis :Yant Kaiy

Redaksi: yd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here