SUMENEP, limadetik.com — Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan bersih-bersih pantai di dekat Lapangan Merdeka Kecamatan Kalianget. Bersih-bersih itu dilakukan bertepakan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Jumat (13/9/2019).

Dalam kesempatan itu, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim ikut memungut sampah untuk menjaga agar lingkungan tetap bersih dan udara segar. Sebab, menurutnya udara yang baik, adalah salah satu nikmat terbesar yang diberikan Allah.

“Dari itu kita perlu senantiasa menjaga kelestarian lingkungan,” ujarnya.

Sehingga sangat wajar jika pada tahun ini, sambung Busyro, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah kendalikan pencemaran udara dan tema nasional adalah biru langitku, hijau bumiku.

Kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan mutlak harus dilakukan sejak saat ini. Sebab, hari demi hari, kualitas lingkungan semakin mengkhawatirkan. Fersi bupati, ada beberapa fakta-fakta tentang polusi udara global terkait dengan perubahan iklim:

PBB menyatakan bahwa 9 dari 10 orang  menghirup udara tercemar yang menyebabkan kematian 7 juta orang pertahun. Polusi udara membunuh 800 orang setiap jam atau 13 orang setiap menit.

“Jumlah itu 3 kali lebih banyak dibandingkan kematian akibat malaria, Tuberkulosis, dan Aids yang digabungkan setiap tahun,” tegasnya.

Polusi udara dari sektor rumah tangga menyebabkan sekitar 3,8 juta kematian dini setiap tahun. Sebagian besar terjadi di Negara berkembang. Bahkan 93 persen anak-anak dunia tinggal di daerah berpolusi udara tinggi. 600.000 anak di bawah 15 tahun meninggal akibat infeksi saluran pernapasan pada Tahun 2016. Polusi udara bertanggung jawab atas 26 persen kematian akibat penyakit jantung, 24 persen kematian akibat stroke, 43 persen akibat penyakit paru obstruktif kronis dan 29 persen akibat kanker paru-paru.

“Melihat realitas tersebut, maka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia diharapkan membangun kesadaran kolektif seluruh elemen masyarakat untuk melakukan aksi-aksi positif dan nyata bagi kelestarian lingkungan, seperti pengurangan penggunaan plastik dan membersihkan pantai dari sampah,” tukasnya. (hoki/yt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here