SAMPANG, limadetik.com — Pengembangan kasus dugaan penarikan fee proyek di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang, Jawa Timur yang menyeret dua tersangka pejabat Disdik Sampang AR dan MEW. Puluhan kepala sekolah (Kepsek) SDN di Kabupaten Sampang dimintai keterangan oleh penyidik Kejaksaan Negeri Sampang.

Edi Sutomo Kasi Pidsus Kejari Sampang di sela-sela pemeriksaan puluhan Kepsek di Kejaksaan. Ia mengatakan bahwa pemanggilan puluhan kepala sekolah tersebut dalam proses pengembangan untuk melengkapi berkas perkara yang kini sedang ditanganinya, Selasa (20/8/2019).

“Ini dilakukan untuk dinaikkan ke proses penuntutan JPU dan siap disidangkan di Pengadilan Tipikor Surabaya,” katanya.

Dikatakannya, dari 35 kepala sekolah yang dipanggil, tercatat ada 27 yang memenuhi panggilan, sedangkan sisanya berhalangan hadir, dijelaskannya setiap kepala sekolah dicecar 15 pertanyaan soal penarikan fee proyek dan alur distribusi sehingga sampai kepada tersangka.

Ternyata penarikan fee proyek DAK 2018 bukan hanya pada satu sekolah saja, melainkan ada beberapa sekolah yang juga dilakukan penarikan yang saat ini sedang telusuri olehnya.

“Ada yang dilakukan penarikan fee, bukan satu sekolah,” tegasnya.

Tak selesai disana, pihaknya juga akan melakukan pemanggilan kembali kepada 35 kepala sekolah untuk lanjutannya, total sekitar 75 kepala sekolah akan terus dimintai keterangannya.

Sementara itu, disela-sela pemanggilan, MT salah satu kepala sekolah di Kecamatan Pangarengan bercerita adanya penarikan fee proyek yang dilakukan oleh tersangka kepada sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Sampang, dengan nilai fee proyek rata-rata 10 persen.

“Iya ada penarikan, kami hanya memberikan keterangan sesuai apa yang kami alami di bawah,” singkatnya.

Perlu diketahui, masa tahanan titipan Kejari Sampang atas dugaan kasus penarikan fee proyek pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) SDN Banyuanyar 2, yakni Inisial AR dan MEW di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB setempat diperpanjang hingga 40 hari ke depan. Perpanjangan waktu penahanan ini untuk memenuhi kelengkapan berkas perkara. (NOR/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here