SUMENEP, limadetik.com Ketua DPC PPP Kabupaten Sumenep KH.Muhammad Solahuddin A.Warist atau yang dikenal dengan nama Ra Mamak resmi mendaftarkan diri sebagai Bacalon Bupati Sumenep lewat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumenep.

Kedatangan pengasuh Pondok-Pesantren An-Nuqayah ini disambut dan diterima lanngsung oleh ketua DPC PKB Sumenep KH.Imam Hasyim beserta jajaran pengurus DPC PKB.

Achmad Mazkur Wasik, juru bicara Ra Mamak saat jumpa pers bersama awak media mengatakan, bahwa pendaftaran ke PKB merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh setiap pelaku Politik di Sumenep, dimana sebelumnya Ra Mamak juga sudah mendaftarkan diri lewat Partai NasDem.

“Hal seperti ini biasa kita lakukan untuk mewarnai perpolitikan di tanah air, khususnya di Sumenep dan merupakan Sunatullah karena kita adalah para santri tentunya juga memilih PKB sebagai partai pemenang Pilkada di Sumenep” katanya, Jumat (15/11/2019).

Menurut ponakan dari Ra Mamak ini jika melihat dari segi sektor perpolitikan di Sumenep harus dibangun politik kepesantrenan, sebab para pelaku di Sumenep sendiri banyak berbasis pesantren dan santri memang dimensi politik yang bisa mewarnai semuanya.

“Paradigma baru dalam politik sektoral itu penting saat kita jalin dan kita bangun bersama, karena kita semua tahu bahwa para elite politik kita di Sumenep ini banyak dari kalangan yang berbasis santri” terangnya.

Masih kata Ra Mazkur Awab saapan akrab Achmad Mazkur Wasik, jadi untuk Sumenep mungkin dan memang memungkinkan jika kalangan santri ambil bagian dan ini bukan kali pertama. Jadi ini adalah sebuah momen bagaimana pesantren dan santri ini benar-benar signifikan dan mampu untuk merubah perubahan di dalam satu pemerintahan.

“Nuansa politiknya masih signifikan jadi dimana pesantren dan santri mungkin masih menjadi alat dan pelengkap sebelumnya, dan saat ini, namun nanti kita dari kalangan santri dan pesantren juga punya hak ambil bagian untuk memajukan bangsa dan Negara, jadi itulah sebabnya Ra Mamak memilih PKB untuk mencoba menempuh jalan politiknya pada Pilkada Sumenep nanti” tegasnya dengan jelas.

Saat ditanya apakah dari partai NasDem sudah mendapatkan rekomendasi, pihaknya tidak membantah hal itu. “Ia kita sudah kantongi remomendasi dari NasDem untuk Pilkada Sumenep nanti, jadi PPP Sumenep nanti sebagai partai yang kini dinakhodai Ra Mamak akan bersama NasDem, namun untuk wakilnya belum tahu siapa itu masih belum diputuskan” pungkasnya. (yd/yt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here