SURABAYA, limadetik.com — Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Cabang Surabaya Sanctus Lucas melantik 21 anggota baru PMKRI Cabang Surabaya di Margasiswa PMKRI Surabaya jl. Taman Simpang Pahlawan no 4a Surabaya.

Anggota baru dilantik setelah mengikuti kegiatan pengkaderan selama 6 hari dan dinyatakan lulus sesuai penilaian Dewan Pimpinan Cabang. Anggota Baru PMKRI Surabaya yang dilantik berasal dari berbagai kampus di Surabaya, yaitu Universitas Katolik Widya Mandala, Universitas Katolik Dharma Cendikia, Universitas DR. Soetomo, Universitas 17 Agustus 1945, Universitas PGRI Adi Buana, Universitas Wijaya Kusuma dan STIKES Wiliamboth Surabaya, Minggu (20/10/2019).

Sejumlah peserta Mpab dan Mabim PMKRI Surabaya saat setelah pelantikan

Pelantikan Anggota Baru ini sebagai puncak dari rangkaian kegiatan Kaderiasi dasar PMKRI Cabang Surabaya tahun 2019. Rangkaian kegiatan Kaderisasi Dasar PMKRI Surabaya dimulai dengan kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) yang dilaksanakan pada hari Jumat-Minggu, 11-13 Oktober 2019.

Dalam kegiatan ini, peserta diperkenalkan dan melakukan pendalaman Visi-misi, nilai-nilai, sejarah, konstitusi serta materi internal ke-PMKRI-an lainnya. Ini bertujuan agar calon anggota benar-benar mengenal lebih dalam terkait PMKRI.

Selain itu peserta diarahkan untuk mengenal dirinya sendiri dalam pendalaman materi who Am I. Setelah peserta mengikuti MPAB, selanjutnya para calon anggota mengikuti jenjang berikutnya yaitu Masa Bimbingan (MABIM) yang dilaksanakan pada Jumat-Minggu, 18-20 Oktober 2019.

Masa Bimbingan menjadi tahap yang harus dilalui calon anggota sebelum dilantik menjadi anggota. Dalam Masa Bimbingan, peserta dihadapkan dengan pendalaman materi, diskusi kelompok, serta eskursi sosial. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Membentuk Kader Yang Kritis, Adaptif dan Inovatif dalam Menghadapi Perkembangan Zaman”.

Dalam sambutan pada protokoler Penutupan acara, Emanuel Tonbesi selaku Ketua Panitia pelaksana MPAB/MABIM PMKRI Cabang Surabaya tahun 2019 mengajak semua anggota baru PMKRI Surabaya yang baru dilantik untuk memberikan ide, gagasan, serta kreasinya demi kemajuan Perhimpunan.

“Perhimpunan ini membutuhkan kehadiran kalian (anggota baru) sebagai energi baru dalam pergerakan PMKRI Surabaya kedepannya” tukasnya.

Yanuarius Jefri Bless selaku Ketua Presidium PMKRI Cabang Surabaya-Santus Lucas periode 2019/2020, menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk melahirkan calon pemimpin masa depan yang berkualitas. “Momentum MPAB/MABIM kali ini dilaksanakan untuk mencetak kader-kader yang Kritis, Adaptif, Inovatif dalam melihat isu-isu realitas berbangsa dan bernegara, serta untuk keberlanjutan roda organisasi dan regenerasi kepemimpinan PMKRI Cabang Surabaya”, imbuhnya.

Selain itu, ia menambahkan bahwa PMKRI Surabaya akan tetap konsisten terhadap penyelenggaraan Kaderisasi di tingkat Cabang, baik kaderisasi Formal maupun kaderisasi informal dan nonformal. “Ini sesuai dengan Ikrar PMKRI sebagai organisasi Pergerakan dan Kaderisasi bagi Mahasiswa”, tutupnya. (tnt/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here