SIDOARJO, limadetik.com — Pengurus Museum MPU Tantular gelar pameran alat musik tradisonal tingkat Nasional. Kegiatan ini di ikuti oleh 27 provinsi, 31 museum. kegiatan ini dimulai sejak Rabu, 14 Agustus 2109-14 September 2019. Acara ini dibuka langsung oleh Sekda Provinsi Jawa Timur Dr. Ir. Heru Tjahjono MM bertempat di Museum MPU Tantular di Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang,  Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Heru Tjahjono MM. Mengatakan alat musik tradisional harus bisa bertahan bila perlu berkembang di era milenia seperti saat ini. “Bisa melalui kolaborasi antara tradisonal dengan modern  bukannya semakin tenggelam. Serta museum harus ber improvisasi agar tidak di tinggalkan oleh pengunjungnya” katanya, Rabu, (14/8/2019).

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo, Sinarto S. Kar menyampaikan amat sangat senang dan dengan adanya pameran ini bisa memperkenalkan alat musik tradisonal yang bermacam-macam dan berbagai bentuk orkestra dengan etnik yang berbeda-beda. “Dan punya keunikan juga ciri khasnya masing-masing. Dan diharapkan kita bisa mengenalkan produk-produk dari kecerdasan pendahulu kita” harapnya.

Senada dengan Kepala UPT Museum MPU Tantular Drs. Edi Irianto mengatakan ini adalah amanah yang diberikan kepada Museum MPU Tantular berdasarkan kesepakatan museum-museum Nasional dimana tahun lalu diadakan di Medan dan rencana tahun depan di Ambon.

“Kami berharap dengan adanya pameran ini kita mengenalkan keberagaman alat musik yang berbeda, unik dengan suara yang berbeda sehingga bisa menimbulkan rasa sayang dan mencintai akan alat musik tradisional Bangsa Indonesia” jelasnya. (tnt/yt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here