BANGKALAN, limadetik.com — Rapat paripurna Rencana Induk Pemnbangunan Kepariwisatan Induk Kabupaten (Ripperkab) Bangkalan, Jawa Timur sepi dari hadirin undangan atau tidak Quorum.

Hal ini terpantau di ruang sidang paripurna nampak banyak kursi yang masih kosong dan seharusnya terisi oleh anggota legislatif dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat, Rabu (19/06/2019).

Menariknya, kendati yang hadir tidak memenuhi quorum, sidang paripurna penyampaian nota penjelasan bupati Bangkalan terhadap Raperda tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan kabupaten (Ripparkab) tahun 2019-2034 tetap berlangsung.

Dari pantauan di ruang sidang paripurna anggota DPRD Bangkalan yang hadir hanya 19 anggota dari sekian anggota DPRD yang ada. Sementara yang tertera di dalam daftar hadir dewan sesuai dengan tingkat kehadiran. Yakni, 19 anggota dewan.

Sedangkan para pimpinan OPD terpantau hanya beberapa orang saja. Padahal beberapa pimpinan OPD di kabupaten Bangkalan baru saja dilakukan mutasi jabatan.

Bupati Bangkalan  Ra Latif sapaan akrab nya mengatakan akan mengevaluasi kejadian tersebut. Namun, dirinya sudah mewanti-wanti kepada setiap pimpinan OPD tidak mewakilkan dirinya ketika ada sidang paripurna.

“Akan.segera kita evaluasi kejadian ini, sebab saya sudah mewanti-wanti kalau tidak ada dinas keluar atau yang mendesak tidak boleh di wakilkan, dan mungkin sedang gembira hingga lupa ada paripurna” tegas adik dari Ra Fuad Amin itu.

Ketua DPRD Bangkalan, Imron Rosyadi dalam pembukaan sidang menyampaikan ketidak hadiran anggota DPRD kabupaten Bangkalan sudah sesuai dengan laporan tertulis dari sekretaris DPRD Bangkalan.

Dan hal itu menurut Ketua DPRD Bangkalan pada kali sidang paripurna DPRD selalu kita bacakan, selain itu tidak ada interupsi dari anggota DPRD. Ketika ditanya soal anggota DPRD hanya titip absen dirinya meminta penjelasan sekretaris. Sebab, hal itu kata Imron adalah wewenang Sekwan.

“Secara administratif itu kewenangan sekretaris, kalau kita di pimpinan rapat ada laporan tertulis kemudian tidak ada interupsi dari anggota ya kita percaya,” ujar kader nya. (ron/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here