SUMENEP, limadetik.com — Pada momen Gerakan Bersih Sampah Dunia yang jatuh pada Sabtu (21/9/2019) lalu, sejumlah warga yang tergabung dalam Perempuan Amanat Nasional (PUAN) Sumenep, Jawa Timur, melakukan bersih-bersih pantai.

Para perempuan yang peduli terhadap kebersihan lingkungan ini memilih membersihkan sampah di bibir Pantai Ambunten. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara PUAN Sumenep bersama relawan World Clean Up Day Indonesia (WCDI).

“Kegiatan ini diselenggarakan serentak di 158 Negara di Dunia. Termasuk Indonesia,” terang Sekretaris DPD PUAN Sumenep, Dora Dwi Apriliani.

PUAN yang merupakan organisasi sayap perempuan Partai Amanat Nasional (PAN) ini turut terpanggil berbaur bersama masyarakat di Sumenep untuk mendorong kesadaran publik agar peduli dengan kebersihan lingkungan.

Tujuan kegiatan ini, sambung perempuan yang karib disapa Dwi sebagai bentuk upaya untuk turut menggelorakan cinta kebersihan terutama di kalangan pelajar dan anak muda.

“Supaya lingkungan kita terutama laut tidak terkontaminasi oleh tumpukan sampah. Karena itu, kami berkomitmen untuk selalu turut serta di momen-momen seperti ini,” tegasnya.

Berdasarkan data di Kementerian Kesehatan RI, 20 persen dari total masyarakat Indonesia peduli terhadap kebersihan dan kesehatan. Ini berarti, dari 262 Juta jiwa di Indonesia, hanya sekitar 52 Juta orang yang memiliki kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar dan dampaknya terhadap kesehatan.

“Kami akan terus berkomitmen melakukan kampanye agar makin banyak orang yang peduli terhadap kebersihan lingkungan. Mari bersama-sama jaga kebersihan lingkungan,” ajaknya sambil tersenyum. (hoki/yt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here