SUMENEP, limadetik.com – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menggelar Deklarasi Pilkades Damai, Rabu (23/10/2019).

Tujuan dari kegiatan ini adalah guna menyamakan persepsi seluruh pihak terkait untuk menciptakan dan komitmen pelaksanaan Pilkades berjalan dengan aman dan kondusif.

“Kami tekankan supaya pelaksanaan Pilkades serentak berjalan lancan dan aman,” kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim.

Pada tahun ini, terdapat 226 desa se-Kabupaten Sumenep yang akan melaksanakan Pilkades pada 7 Nopember 2019. Pilkades serentak ini dibagi dua tahap antara daratan dan kepulauan.

“Kami ingin pelaksanaan Pilkades serentak berlangsung kondusif baik sebelum pemilihan hingga setelah penghitungan suara di masing-masing desa, sehingga antar sesama calon kepala desa jangan sampai mengorbankan persaudaraan masyarakat,” ujarnya.

Pilkades yang aman, sambung bupati dua periode ini adalah harga yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, karena menciptakan keamanan desa bukanlah sebuah pilihan, namun kewajiban seluruh elemen masyarakat.

Sehingga, semua elemen masyarakat di desa wajib menjaga keamanan di daerahnya. Keamanan bukan sebuah pilihan dalam demokrasi, namun kewajiban yang harus dilaksanakan oleh semua pihak.

“Jadi pilihan demokrasi hanya memilih calon saja bukan yang lainnya,” ucapnya.

Kemudian dia juga mengingatkan, agar
panitia Pilkades harus mampu menjalankan tugasnya sebaik-baiknya dengan mengacu pada peraturan pelaksanaannya.

“Panitia Pilkades jangan miring kanan atau miring kiri, jadi pastikan bahwa panitia itu bekerja untuk warga desa untuk menyukseskan pelaksanaan pemilihan, bukan memenangkan calon kepala desa,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Moh. Ramli mengatakan, Pilkades serentak di 226 desa di Sumenep diikuti oleh 654 calon kepala desa, dari 787 orang yang mendaftar sebagai bakal calon kepala desa.

“Kami harapkan pelaksanaan Pilkades berjalan dengan lancar dan aman,” harapnya.(hoki/yt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here