SUMENEP, Limadetik.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menggelar lomba takbir keliling dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1440 H, Sabtu malam (10/8/2019).

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim mengatakan bahwa penyambutan lebaran tahun ini berbeda dibandingkan sebelumnya. Buktinya, jika sebelumnya di pusatkan di depan Masjid Jami’, maka tahun ini dibuat takbir keliling.

“Kami ingin memberikan sesuatu yang berbeda dalam menyambut perayaan Idul Adha tahun ini,” katanya dalam pelepasan peserta Lomba Takbir Keliling.

Busyro mengatakan, meskipun pelaksanaan takbir itu berbeda dengan tahun lalu, namun sejatinya memiliki tujuan yang sama yakni untuk menggelorakan takbir di tengah-tengah masyarakat Sumenep.

Lomba takbir keliling merupakan bagian metode untuk meningkatkan ajaran agama Islam kepada masyarakat, serta menjaga kearifan lokal agar terus berkembang sehingga masyarakat muslim semakin mencintai agamanya.

Lomba Takbir Keliling menyambut Idul Adha 1440 Hijriyah/2019 diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), lembaga pendidikan dan organisasi masyarakat sebanyak 55 kelompok. Para peserta wajib bertakbir secara langsung tidak diperbolehkan menggunakan kaset atau CD.

Pelepasan lomba takbir keliling dilakukan langsung oleh Bupati A. Busyro Karim, selanjutnya secara bergantian dilakukan oleh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sumenep.

“Takbir menyambut Idul Adha tahun ini tidak hanya dilakukan pemerintah daerah melalui takbir keliling, namun masyarakat juga mengadakan takbir di masjid dan mushalla terdekat,” tukasnya. (hoki/yt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here