Jumat 27-September-2019

OPINI — Memahami karakter seorang perempuan merupakan salahsatu kewajiban bagi seorang laki-laki dan begitupun sebaliknya, karena pada hakikatnya manusia diciptakan berpasangan. Hukum alam yang menuntut laki-laki dan perempuan untuk membina hubungan tersebut, pada gilirannya dirasa penting mempelajari serta memahami perbedaan dan persamaan keduanya secara on the treck, agar kata harmonis menjadi background hubungan itu.

Namun nyatanya, tugas mempelajari dan memahami ini seakan-akan selalu saja disandingkan pada laki-laki. Pertanyaanya sekarang, kenapa perempuan harus dipahami? Ada apa sebenarnya dengan perempuan?

Dewasa ini, dalam memahami laki-laki dan perempuan jika ditilik dari sikap dan watak yang dimiliki. Orang-orang beranggapan bahwa mayoritas laki-laki mempunyai sikap yang tegas, kuat dan berani. Berbeda dengan perempuan yang memang mempunyai kepribadian yang lemah lembut, peka terhadap keadaan dan mudah tersinggung atau terbawa perasaan.

Akan tetapi klasivikasi ini tidaklah mapan dan masih belum final adanya, terbukti dengan hadirnya kajian secara kontinyu baik berbentuk media cetak atau verbal, yang herannya lebih banyak menguak all about women, semisal rubrik For Her di harian Jawa Pos, majalah Play Boy, tabloid Nova, Join Indonesia, Looks, dan tentu masih banyak (lebih banyak daripada majalah atau tabloid khusus laki-laki) yang tidak mungkin penulis sebutkan semua. Namun setidaknya cukup menjadi indikator bahwa perempuan memang penuh misteri dan lelaki patut memahami.

Salah satu cara untuk memahami dan mengerti seorang perempuan hemat penulis adalah dengan menjadi laki-laki sensitive terhadap segala keadaan perempuan. Sebelum kita melangkah lebih jauh, perlu kiranya ada kajian, apa yang di maksud dengan laki-laki sensitif? dan mengapa harus menjadi laki-laki sensitif?.

Laki-laki sensitive biasanya peka dan perasa terhadap karakter wanita. terkadang sebagian wanita beranggapan laki-laki sensitive lekat dengan sikap mudah tersinggung dan bahkan mudah tersentuh atau melankolis.

Menjadi laki-laki sensitive tentu mempunyai banyak perbedaan, apalagi dalam mengalami masalah perasaan. Apabila seorang laki-laki mengalaminya, mereka dapat mengatasi masalah itu dengan sikap yang tenang. Berbeda dengan seorang perempuan, karena hati dan perasaan perempuan sangat lemah dan sangat meresapi terhadap apa yang di alami hatinya.

Bila terjadi suatu yang terjadi kurang berkenan pada hatinya, perempuan bisa marah maupun bersedih bahkan perempuan sangat gampang mengeluarkan mutiara di mata indahnya. Oleh karena itu, bila anda merasa laki-laki sejati mengertilah dan pahamilah seorang prempuan dengan setulus hati.

Kata seperti ini “Memahami dan mengerti seorang prempuan merupakan pekerjaan yang sangat menakutkan bagi seorang laki-laki” harus di ubah dengan memahami dan mengerti seorang prempuan merupakan sebuah seni bagi seorang laki-laki, karena laki-laki diciptakan dengan mentalitas yang sangat berbeda dengan prempuan. Dan karena fakta ini tidak akan pernah berubah, pemahaman akan perempuan selalu harus menjadi keterampilan seorang laki-laki agar supaya laki-laki nanti tidak semena-mena melakukan hal yang tidak baik pada perempuan.

Terus, apasih yang dimaksud sensitif  menurut penilaian seorang prempuan.? Hal yang seperti ini menjadi penting bagi seorang laki-laki untuk memastikan apa yang dilakukan oleh anda itu benar atau kah salah di mata seorang perempuan. Secara sederhana saja, sensitif terhadap seorang prempuan berarti responsif terhadap dirinya, dan hal-hal yang ada di sekitar anda yang berarti bagi seorang perempuan, ialah memiliki pengertian umum untuk mengetahui apa yang terjadi pada hidupnya.

Contoh kecilnya, adalah ketika laki-laki mengajak makan malam kepada seorang prempuan, namun seorang perempuan tidak bisa karena dia lagi ada pekerjaan yang menumpuk atau yang lainnya, jadi solusi terbaik untuk menjadi laki-laki yang sensitif adalah dengan membelikannya makanan secara sukarela maka itu akan meninggalkan dampak positif pada dirinya.

Dan untuk melangkah lebih jauh ,bahkan makanan yang anda berikan  makanan yang paling di sukai oleh seorang perempuan tersebut, maka itu akan berdampak lebih dalam lagi bagi seorang prempuan. Sebab anda bukan hanya menunjukkan bahwa anda memberikan dia makan malam (laki-laki sensitif), tapi anda juga menununjukkan bahwa anda tahu makanan yang dia sukai.

Pada hakikatnya, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan sifat sensitifnya kita, karena setiap perempuan memiliki karakter yang berbeda, apa yang kita lakukan untuk menunjukkannya kepada perempuan impian kita dapat bervariasi. Namun ingat, bahwa prinsip yang sama masih berlaku. Ketahuilah hal-hal yang menyangkut pada dirinya dan melakukannya ketika kita mendapatkan kesempatan.

Saperti yang telah kami jelaskan di awal, banyak cara untuk mempelajari sesuatu yang berkaitan dengan memahami seorang wanita, tapi satu hal yang perlu anda pelajari tentang sensitivitas. Pahami dengan tepat sasaran dan tanamkan dalam diri anda nilai-nilai positif yang ada pada perempuan karena perempuan yang semsitif itu tertanam kebaikan yang luar biasa dalam hatinya demi kebaikan orang yang telah menganggapnya tidak baik. Wallahu’alam.(*)

 

Al-Qibty Aji
Santri PPA. Lubangsa Utara putri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here