SAMPANG, Limadetik.com – Pasca hujan disertai angin kencang minggu sore (5/1/2020) kemarin, yang mengakibatkan hancurnya beberapa rumah warga Sampang, Kota, diantaranya rumah warga Desa Baruh, Kelurahan Dalpenang, dan rumah warga Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang.

Sedangkan kondisi rumah warga Desa Baruh, kondisinya yang paling parah rata dengan tanah, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Anggota TNI bersama warga dan aparat Desa seempat terlihat bersama sama bergotong royong membersihkan puing-puing rumah yang hancur akibat angin kencang disertai hujan deras tersebut, Senin (6/1/2020).

Bu Je’uri pemilik rumah yang hancur saat ditemui, ia menceritakan detik-detik rumahnya roboh, awalnya saat Minggu sore hujan turun sangat deras disertai angin kencang, khawatir rumahnya roboh, lalu ia mengungsi di rumah family yang letaknya tidak terlalu jauh.

“Namun tidak terlalu lama rumah yang biasa saya tempati bersama cucu roboh diterpa angin kencang, akibat kejadian yang begitu cepat, saya tidak sempat memindahkan barang-barang yang berada di dalam rumah dan semuanya hancur tak berbekas” katanya saat ditemui Anggota TNI.

Hancurnya rumah warga Desa Baruh, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang (foto: Nur Kholis)

Sementara Akh. Amin Kepala Desa Baruh, saat ditemui di lokasi pasca robohnya rumah warganya, ia mengatakan saat kejadian kemarin dia tidak mengetahuinya. “Kejadian ini baru diberitahu aparat desa hari ini dan saya langsung ke lokasi bersama-sama warga dan aparat untuk membantu bergotongroyong” terangnya.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, Moh. Imam menyampaikan, rumah warga yang terdampak bencana sampai roboh sudah ada penanganan dari petugas.

“Ada dua rumah warga dan kamar mandi tertimpa pohon jati yang tumbang di wilayah perkotaan,” terangnya.

Pohon tumbang yang menimpa rumah dan kamar mandi itu, berada di Jalan Pahlawan, Kelurahan Dalpenang dan Jalan Kenari, Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan Kota Sampang.

Di lokasi lain, Imam menyebut ada kandang ayam di Taddan Camplong, Kabupaten Sampang, roboh diterjang angin kencang.

“Kami juga akan mengecek satu lokasi kejadian, yaitu tembok dapur roboh dan genting rumah warga rusak di Dusun Bakotem, Desa Panggung, Kecamatan Kota Sampang,” pungkasnya.

Hingga berita ini disusun, senin sore 6 Januari 2020, Kota Sampang kembali digunyur hujan. (Nor/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here