Anggota dewan saat datangi Kantor Lurah Gunung Sekar, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang. (Foto: Nor Kholis)

SAMPANG, limadetik.com Polemik pelaksanaan Alokasi Dana Kelurahan (ADK) di Kecamatan Sampang Kota, mulai mendapat sorotan dari anggota komisi I DPRD Sampang yang turun langsung ke Kantor Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan Sampang.

Auliya Rahman, Sekretaris komisi I DPRD Sampang saat ditemui usai sidak ke Kantor Kelurahan Gunung Sekar, ia menjelaskan sistem pelaksanaannya sebagai komisi I turun langsung ke Kantor Lurah Gunung Sekar guna memastikan langsung sistem pelaksanaan ADK dan penyerapan dari Lurah terkait dana sharing APBD Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2019, masing-masing Kelurahan Rp. 800 Juta yang hingga saat ini masih belum dilaksanakan, Rabu (20/11/2019).

Lanjut Auliya Rahman ADK yang dianggarkan APBD perubahan 2019, sangat pesimis bisa tuntas dilaksanakan tahun ini, mengingat hingga saat ini kami belum melihat ada konsultan perencana dan konsultan pengawasan, belum lagi hingga saat ini cantolan hukumnya masih belum jelas.

“Program ADK ini sangat mendadak dengan anggaran yang fantastik. Prinsipnya penggunaan uang Negara itu walaupun Rp.1000 harus dipertanggungjawabkan, bahkan beberapa waktu lalu saat komisi I memanggil Camat terkait pelaksanaan ADK yang dikontraktualkan apa dasar hukumnya, Camat belum bisa menjawab.” terang Auliya Rahman politisi Demokrat.

Auliya mengingatkan langsung pada Lurah sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) untuk hati-hati jangan asal tanda-tangan jika cantolan hukumnya belum jelas, sebab yang mencairkan ADK itu adalah Lurah,  bahkan dalam waktu dekat kami komisi I DPRD Sampang akan memanggil Camat dan Lurah.

Di tempat yang sama Lurah Ach Wardi, Lurah Gunung Sekar, ia optimis pelaksanaan ADK akan selesai tepat waktu, terkait aturan pelaksanaan dan cantolan hukumnya pelaksanaan ADK itu menjadi ranahnya Camat.

“Terkait kedatangan anggota Dewan ke Kantor Lurah, kami sangat berterima kasih dan masukannya kami terima dengan baik. Adapun rapat-rapat di DPRD terkait ADK kami tidak mengetahuinya dan itu Camat yang hadir sebagai Pengguna Anggaran (PA)” jelas Ach Wardi yang juga menjabat ketua paguyuban Lurah, Kecamatan Sampang.

Sekedar diketahui Kecamatan Sampang yang mendapatkan ADK terdiri dari 6 Kelurahan, yakni Kelurahan Gunung Sekar, Kelurahan Karang Dalam, Kelurahan Polagan, Kelurahan Rongtengah, Kelurahan Dalpenang dan Kelurahan Banyuanyar. (NOR/YT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here