di tengah,berbaju putih Slamet Rahayu ketua Panitia pilkades saseel bersama para calon dan tooh masyarakat saat deklarasi damai

SUMENEP, Limadetik.com — Panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) Desa Sase’e, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep menggelar deklarasi damai bersama para calon yang ikut kontestan pilkades serentak pada 14 November 2019 kamis depan.

Ketua panitia pikades Desa Saseel, Kecamatan Sapeken Slamat Rahayu melalui pesan WhatsApp nya kepada media ini mengatakan bahwa deklarasi damai pilkades bersama para calon merupakan langkah yang tepat untuk terciptanya pilkades yang aman dan nyaman.

“Tujuan kita menyelenggarakan deklarasi ini kita ingin bagaimana pemilihan kepala desa di saseel ini berjalan sesuai harapan masyarakat, pastinya pilkades aman dan nyaman menjadi sebuah pesta enam tahunan yang tetap mengedepankan kebersamaan memabangun desa” kata Bayu, Jumat (8/11/2019).

lembar kesepakatan deklarasi damai pilkades desa saseel

Menurut bayu semua calon yang ikut berkompetisi pada ajang enam tahunan ini harus siap semuanya. Siap menang dan siap kalah serta berkomitmen membuat pilkades dan seterusnya tetap sejuk di tengah masyarakat.

“Kita semua di sini, baik panitia terlebih para calon yang ikut berkompetisi sepakat menjadikan pilkades sebagai pesta rakyat setiap enam tahun sekali. Jadi yang pasti kita sudah sepakat akan siap berlaga secara kesatria yang siap kalah dan siap menang” terangnya.

Pria kelahiran Sulawesi Selatan ini menegaskan bahwa sangat memalukan jika kita tidak  ikut serta menyejukkan suasana saat pilkades nanti, sebab adat ketimuran bagi masyarakat Saseel pada khususnya dan Sapeken pada umumnya merupakan harga yang tidak bisa ditawar lagi untuk tetap bersama sama menjaga saseel yang rukun dan aman.

“Bagi kami warga desa saseel dengan adat ketimuran pantang untuk berbuat kerusuhan dan kekacauan, kami bersama para calon dan juga para tokoh sepakat tetap menjadikan saseel sebagai daerah yang dama, rukun dan tentram selamanya” pungkasnya.

Untuk diketahui deklarasi pilkades damai ini selain dihadiri kelima calon dan panitia, hadir pula para tokoh, TNI dan Polri ikut menyaksikan deklarasi yang penuh dengan keakraban ini. (yd/yd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here