GARUT, limadetik.com — Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) masih semangat mengikuti rangkaian EDT regional jawa 12 Juli – 17 Agustus 2019 dimana Kabupaten Garut menjadi tempat ke-3 dari rangkaian Ekspedisi Destana Tsunami 2019 di Segmen Jawa Barat.

Sekretaris LPBINU Pusat, Yayah Ruchyati mengatakan seluruh rangkaian dalam kegiatan Ekspedisi Destana Tsunami (EDT) 2019 semuanya tak akan terlewatkan oleh relawan LPBINU untuk bersama-sama dengan relawan lainnya termasuk pula BPBD setempat.

“Kita dari LPBINU dan relawan EDT lainnya selalu siap melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan bersama BPBD. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi Gempa Bumi dan Tsunami terhadap sekolah dan pesantren, masyarakat serta perangkat desa” katanya, Rabu (7/8/2019).

Selain itu, sambung wanita kelahiran Cirebon ini, LPBINU juga kiat dalam penanaman pohon Mangrove atau Vegetasi pelindung pantai, dan pemasangan rambu.

“Untuk penanaman Mangrove sebagai pelindung pantai kita selalu aktin dalam hal ini, disamping juga pemasangan rambu sebagai bagian dari kiat EDT 2019 regional Jawa hingga saat ini di Kabupaten Garut sampai nanti pada 17 Agustus 2019” terangnya.

Dikatakan Yayah, diharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat Kabupaten Garut khususnya yang bermukim di kawasan pesisir pantai menjadi waspada serta tanggap dalam menghadapi bahaya ancaman tsunami. “Salam Tangguh, Sampai berjumpa di Kota selanjutnya” tutupnya. (yd/dyt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here